Ternyata Cuci Ayam dengan Air Tidak Efektif, Berikut Cara yang Efisien

Terkini.id – Ayam adalah salah satu jenis daging yang paling diminati untuk diolah menjadi berbagai makanan nikmat dan lezat. 

Di Indonesia sendiri, ayam bisa dimasak dengan berbagai jenis bumbu dan menjadi berbagai jenis hidangan yang nikmat. 

Meskipun demikian, memasak ayam tidak semudah yang kita bayangkan banyak yang memiliki kebiasaan untuk mencuci daging ayam mentah sebelum dimasak, karena dianggap dapat menghilangkan kuman dan bakteri pada daging ayam. Padahal, kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Baca Juga: PCR Jadi Syarat Wajib Naik Pesawat, Siapa yang Diuntungkan?

Perlu diketahui bahwa mencuci daging ayam tidak menghilangkan kuman sama sekali. Hal tersebut justru berisiko menyebarkan kuman ke permukaan peralatan memasak dan perabot dapur serta berisiko terkena penyakit. 

Ada beberapa jenis kuman pada daging ayam, dan salah satunya adalah Campylobacter. Infeksi bakteri Campylobacter dapat menimbulkan gejala, seperti sakit perut, mual, muntah, demam, dan tubuh terasa lemas. Sehingga membuat penderitanya berisiko mengalami dehidrasi. 

Baca Juga: Berhenti Makan Mie Instan dengan Nasi Putih, Jika Tak Ingin...

Oleh karena itu, untuk mengonsumsi daging ayam di perlukan cara mengolah daging ayam tersebut. Berikut tips mengolah daging ayam dengan baik, dilansir dari Alodokter : 

1. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengolah daging ayam 

Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan setelah menyentuh daging ayam dan peralatan masak. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuk kuman ke dalam tubuh. 

Baca Juga: Berhenti Makan Mie Instan dengan Nasi Putih, Jika Tak Ingin...

2. Hindari mencuci daging ayam 

Hindari mencuci daging ayam dengan air, karena yang dapat membuat bakteri pada daging ayam akan mati saat proses masak. Mencuci daging ayam akan berisiko penyebaran bakteri yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

3. Pisahkan peralatan masak untuk daging dan sayuran atau buah-buahan 

Disarankan mempunyai peralatan masak tersendiri untuk mengolah daging ayam. Usahakan pula untuk menggunakan pisau dan talenan yang berbeda agar kuman tidak menyebar ke bahan makanan lain. 

4. Masak daging ayam hingga matang 

Sebaiknya pastikan memasak daging ayam hingga matang sempurnn dan jangan sampai ada daging yang masih berwarna merah muda. 

Cairan yang bening dan warna daging ayam yang putih adalah tanda bahwa ayam tersebut matang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari risiko penyakit, seperti diare dan tifus, akibat mengonsumsi daging ayam yang kurang matang. 

5. Perhatikan cara menyimpan daging ayam 

Menyimpanan daging ayam mentah juga harus diperhatikan. Biasakan selalu menyimpan daging ayam ditempat yang bersih dan tertutup. 

Daging ayam biasanya bisa bertahan 2–3 hari. Namun, jika mengeluarkan bau tidak sedap, ini tandanya daging sudah busuk dan tidak layak konsumsi. 

Beberapa riset sejauh ini menunjukkan bahwa mencuci daging ayam mentah justru berisiko menyebarkan bakteri yang terdapat pada daging ayam. 

Oleh karena itu, jangan mencuci daging ayam dan pastikan untuk memasak daging ayam dengan benar hingga matang. Itulah sedikit tips cara mengolah daging ayam dengan baik, semoga bermanfaat.

Bagikan