TP PKK Sulsel Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Bone

TP PKK Sulsel Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis di Bone

Terkini.id,Bone – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan menggelar senam sehat dan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Bone. Kegiatan ini digelar di Lapangan Merdeka Watampone, di Halaman Rumah Jabatan Bupati Bone, Sabtu, 30 November 2019.

Sekitar 700 masyarakat yang merupakan gabungan dari Bhayangkara, Persit, Satpol PP, mahasiswa, dan masyarakat Bone  mengikuti senam sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Usai melaksanakan senam sehat, peserta langsung antri untuk memperoleh pemeriksaan gula darah, kolesterol dan tekanan darah secara gratis. Sebanyak 17 tenaga medis dari RSUD Haji Makassar, RSUD Pertiwi dan Unit Transfusi Darah Provinsi Sulawesi Selatan dikerahkan untuk melayani tingginya antusias masyarakat pada pemeriksaan ini.

“Hari ini kami bersama warga Bone melaksanakan senam sehat untuk menjalin keakraban dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat kota Watampone,” jelas Lies F Nurdin di sela tengah masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan.

Lies mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat adalah bentuk dukungan TP PKK Sulsel kepada program prioritas Pemprov Sulsel yang mengupayakan pemerataan kesehatan di masyarakat.

“Kami menginginkan seluruh masyarakat sehat, jadi apapun yang bisa kami lakukan, kami lakukan. Jadi (pemeriksaan kesehatan) walaupun kecil nilainya tapi sangat berarti untuk masyarakat, karena mereka tidak perlu ke dokter secara khusus untuk melakukan pemeriksaan,” sebutnya.

Lies juga mengapresiasi dukungan beberapa rumah sakit yang selalu sedia menyiapkan tim medis dan perlatan medik untuk menggelar pemeriksaan di setiap daerah yang dikunjungi PKK Sulsel.

“Alhamdulillah dari rumah sakit semua back-up kalau kami ke daerah, timnya ada yang ikut untuk pemeriksaan gratis untuk masyarakat,” kata Lies F Nurdin.

Sementara, Direktur RSUD Haji Makassar, Haris Nawawi mengatakan, pihaknya mensupport penuh seluruh kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Sulsel.

“Kami menjemput bola dengan mendatangi masyarakat dan menggelar posko pemeriksaan kesehatan gratis, sebagaimana amanah Gubernur Nurdin Abdullah yang berharap kami menjadi ujung tombak menciptakan pemerataan kesehatan bagi masyarakat,” kata Haris.

Selain memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, bakti sosial ini juga memberikan pengobatan gratis bagi warga yang memerlukan.

“Jadi untuk warga yang gula darahnya rendah kami beri multivitamin dan untuk yang tekanan darah dan kolesterol tinggi, kami bantu dengan beberapa pengobatan serta anjuran untuk melakukan pola hidup sehat,” jelasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini