TPA Tamangapa Antang Terbakar, Manggala Agni Turun Tangan

Tim Manggala Agni mulai beraksi di TPA Tamangapa Antang untuk menjinakkan si jago merah

Terkini.id,Makassar – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar, Sulawesi Selatan mengalami kebakaran sejak Minggu, 15 September 2019 lalu. Beberapa blok atau titik sudah dilahap sijago merah.

Belum diketahui penyebab kebakarannya. Namun, beberapa orang memprediksi jika kebakaran di TPA Tamangapa ini terjadi akibat musim kemarau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Makassar, Andi Iskandar bersama Kadis Kesehatan menerima penyaluran bantuan di TPA Tamangapa Antang

Dua hari pasca terjadinya kebakaran, api belum padam juga. Belum lagi asap yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut sudah merambah ke beberapa wilayah kota Makassar dan sekitarnya.

Sejumlah petugas dari Pemerintah kota Makassar sudah turun, mulai dari Dinasi Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan SKPD lainnya sudah bekerja keras untuk melakukan pemadaman dan penanggulangan kebakaran di TPA Tamangapa, namun api belum berhasil dipadamkan.

Atas kendala tersebut tim pemadam kebakaran hutan dan lahan yakni Manggala Agni Daops Gowa Kementerian Lingkungan Hidup turun tangan membantu pemerintah kota Makassar untuk memadamkan api di TPA Tamangapa Antang Makasar ini.

Hal tersebut diakui Kepala Manggala Agni Daops Gowa Kementerian Lingkungan Hidup, Ishak Andi Kunna. Menurut Ishak pihaknya menerima informasi untuk permintaan dukungan pada Selasa, 17 September 2019.

“Atas permintaan dukungan tersebut, kami dari Manggala Agni Daops Gowa KLH menurunkan 30 personil Manggala Agni untuk membantu pemadaman api di TPA Tamangapa Antang Makassar ini,” ujar Ishak saat ditemui terkini.id, Selasa 17 September 2019 malam.

Pemadaman terus dilakukan di TPA Tamangapa Antang Makassar

Disampaikan Ishak bahwa saat ini timnya sudah berpencar ke pada dua titik masing-masing di blok A dan B. Menurutnya ada beberapa kendala saat menjinakkan sisa bara api di sana seperti harus menggali tumpukan sampah hingga kedalaman satu meter lalu diberi resapan air untuk mematikan bara api.

“Alhamdulillah sudah ada pengurangan produksiĀ  asap. Tapi memang penyebaran asap itu beda antara siang dan malam karen kecendrungan siang itu bergerak ke satu arah yakni bergerak ke barat dan malam hari penyebarannya merata. Semoga semakin membaik,” harapnya.

Pemadaman terus dilakukan di TPA Tamangapa Antang Makassar

Terakhir Ishak menyampaikan walau memang ini bukan merupakan tugas pokok Manggala Agni, namun pihaknya juga dapatĀ  membantu dalam proses penanganan apabila terdapat kejadian kebakaran selain kebakaran hutan dan lahan.

“Besar harapan kita semua agar seluruh jajaran Manggala Agni untuk selalu siap siaga dalam kondisi dan situasi apapun dan selalu terbuka dalam melayani permintaan dari masyarakat sekitar Daops yang membutuhkan pemadaman dalam kejadian kebakaran,” imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar (baju putih) tetap setia memantau perkembangan TPA Tamangapa Antang Makassar

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar menyampaikan terima kasih kepada tim Manggala Agni dan seluruh pihak yang sudah ikut andil membantu untuk pemadaman api di TPA Tamangapa Antang ini.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasinya semua. Kami akan bekerja lebih maksimal lagi untuk menangani dampak kebakaran TPA Tamangapa Antang ini,” tutup Iskandar yang ditemui di lokasi kebakaran dan masih setia berjibaku di TPA tersebut

Berita Terkait