Trending ‘Tangkap Anies Segera’, Netizen Sebut Ada Mutasi Virus Baru di Jakarta: Ketagihan Kelebihan Bayar

Terkini.id, Jakarta – Tagar “Tangkap Anies Segera” trending di Twitter pada Minggu, 8 Agustus 2021, sebagai bentuk desakan agar lembaga anti rasuah segara menangkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam tagar itu, ada berbagai sindiran kepada Anies Baswedan, baik dalam bentuk teks atupun dalam bentuk meme.

Salah satu bentuk sindiran netizen yaitu bahwa ada gejala mutasi virus baru yang ditemukan di DKI Jakarta, yakni ketagihan kelebihan bayar.

Baca Juga: Habib Rizieq Shihab Minta Anies Baswedan Cabut Izin Holywings, Denny...

Ditelurusi Terkini.id, cuitan-cuitan dalam tagar ini memang menyoroti soal kasus-kasus kelebihan bayar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Salah satu kasus yang disoroti netizen, yakni soal temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahwa Pemprov DKI membayar total Rp862 juta untuk gaji pegawai yang sudah wafat dan pensiun.

Baca Juga: Anies Disebut Bisa Jadi Sasaran Kampanye Hitam di Pilpres 2024,...

“Pajak rakyat dikirim ke kuburan untuk karyawan yang sudah wafat,” demikian tertulis dalam meme yang diunggah netizen Si_bodatt.

Selanjutnya, ada pula netizen yang membagikan tangkapan layar artikel dari Kompas berjudul “‘Lebih Bayar’ Pemprov DKI Dikhawatirkan Jadi Modus Baru Korupsi”.

“Mutasi virus baru di Jakarta = ketagihan kelebihan bayar,” demikian tertulis dalam meme yang diunggah netizen AllisonPorra87.

Baca Juga: Anies Disebut Bisa Jadi Sasaran Kampanye Hitam di Pilpres 2024,...

Lebih jauh, ada bebetapa netizen yang mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Anies.

“Kalo memang terbukti valid mohon KPK tangkap anies segera,” kata netizen dengan nama akun Im_ruds.

Bersama pernyataannya, netizen itu melampirkan meme yang mencantumkan tagar “Anies Kebal Hukum”.

“Urusan hitung jual beli biasa Anies tidak lolos, apalagi urusan jual beli lainnya. Master of Kelebihan Bayar,” demikian tertulis di bagian atas tagar dalam meme itu.

Bagikan