Tumbuhkan Pengusaha Pemula di Makassar, Diskop UKM sebut Branding Faktor Penting

Plt Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Harun Rani saat ditemui di Travellers Hotel Pinisi

Terkini.id,Makassar – Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Makassar Harun Rani menekankan kepada pengusaha pemula untuk memperhatikan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi konsumen. Harun menyebut branding sebagai salah satu faktor penting yang harus diperhatikan.

“Branding merupakan faktor yang memperkuat suatu produk yang didagangkan oleh seorang pengusaha. Dengan branding pastilah akan lebih muda bagi konsumen untuk mengenal sebuah produk” kata Harun Rani saat ditemui dalam kegiatan Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM dengan Pelaku Bisnis angkatan I di Travelers Hotel Phinisi Makassar, Jumat kemarin.

Meski demikian, Harun mengatakan dibutuhkan sumber daya yang mumpuni dalam menggeluti usaha, bukan sekadar berusaha tetapi tidak mendalami masalahnya.

“Kemungkinan bisa stagnan di tengah jalan, makanya mereka butuh dibekali, ditempah,” ujarnya.

Dia mencontohkan beberapa produk branding yang berhasil di Makassar seperti Pallubasa di Jalan Serigala dan Sop Ubi di Jalan Datu Museng.

“Kedua kuliner itu sudah tertanam di dalam otak masyarakat terkait lokasi yang paling laris dan paling enak untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Hal lain, kata dia, bagaimana para pengusaha mempromosikan produk mereka. Hal ini membutuhkan strategi dan ilmu dalam memetakan saingan-saingan dari produk yang ia pasarkan.

“Harus dianalisis apakah produk yang saya jual ini banyak saingannya, bagaimana cara mengatasi saingan ini. Tanpa strategi, tanpa ilmu, maka pengusaha tidak bisa fight,” ucapnya.

Harun berharap, ke depan, semakin banyak pengusaha yang berkembang di Makassar dengan belajar dari produk-produk yang mampu menggaet kebutuhan masyarakat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini