Masuk

Resmi! Klub Rusia Dilarang Main di Liga Champions oleh UEFA

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi melarang klub Rusia untuk bermain di Liga Champions.

Hal tersebut dikarenakan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, dilansir CNN Indonesia. Pengumuman tersebut diresmikan di halaman resmi UEFA pada hari Senin 2 Mei 2022 pukul 22:00 WIB.

Selain itu, UEFA juga memberikan sanksi kepada Tim Nasional Rusia yang tidak bisa mengikuti Piala Eropa maupun Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga: Jokowi Nyatakan Perang Dihentikan Saat Buka KTT G20 Setelah Rudal Hantam Polandia

Pihak UEFA juga menyatakan bahwa klub Rusia juga tidak bisa mengikuti kompetisi Europa League maupun Europa Conference League.

Ketentuan atas sanksi yang diberikan kepada klub Rusia juga berimbas kepada sepak bola wanita mereka yang tidak bisa mengikuti kompetisi Women’s Champions League.

“Rusia tidak akan memiliki klub yang berpartisipasi dalam kompetisi UEFA pada musim 2002/2024,” ujar pernyataan UEFA.

Baca Juga: Vladimir Putin Dipastikan Tak Hadiri KTT G20 di Bali

UEFA juga sudah melarang Timnas Rusia untuk berpartisipasi di UEFA Nations League. Bahkan, Timans wanita Rusia yang sudah lolos ke Women’s Euro 2022 posisinya digantikan oleh Portugal.

Tak sampai disitu, UEFA juga melarang Rusia untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Euro 2028 dan Euro 2032. Hal tersebut membuat Rusia harus tersingkir dalam penentuan tuan rumah Euro 2028 mendatang.

Sebelumnya, Rusia bersaing ketat dengan Inggris dan Irlandia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 mendatang.

Keputusan UEFA saat ini sudah jelas, sanksi tersebut diberikan kepada Rusia akibat invasi mereka ke Ukraina.

Baca Juga: Karim Benzema Masuk Dalam Daftar Pemain Tertua Peraih Ballon D’or

Invasi yang dilakukan oleh Rusia kepada Ukraina sudah dilakukan sejak 24 Februari 2022 lalu. Hingga saat ini, invasi tersebut belum berakhir dan masih terus berlanjut sampai waktu yang belum ditentukan.