Masuk

Ini Nama dan Makna Maskot Piala Eropa 2020

Komentar

Terkini.id, Belanda-Skillzy merupakan nama Maskot Piala Eropa 2020, demikianlah nama maskot untuk turnamen terbesar di Benua Biru edisi ke-16 tersebut.

Karakter laki-laki berjaket biru itu diperkenalkan saat Belanda menjamu Jerman di Johan Cruijff Arena, Minggu 24 Maret 2019 lalu. Minggu, 17 November 2019.

Melansir topskors.id, Peluncuran Skillzy diawali dengan atraksi sejumlah freestyler di depan lebih dari 55 ribu penonton.

Baca Juga: Liverpool Layangkan Protes ke UEFA Imbas Kalah di Final Liga Champions 2022, UEFA: Maaf

Europa League 2020 ini mengusung tema “Your Move”, UEFA melalui Skillzy, Maskot Piala Eropa 2020 mengajak seluruh freestyler sepak bola untuk terlibat.

Maskot Skillzy menggambarkan sebagai seorang freestyler. Dua freestyler terkenal, Liv Cooke dan Tobias Becs pun hadir di acara peluncuran tersebut.

“Mampu membawa keindahan sepak bola freestyle dan sepak bola jalanan di seluruh Eropa adalah kesempatan yang sangat istimewa,” ujar Liv Cooke yang juga merupakan aktivis sepak bola wanita.

Baca Juga: Resmi! Klub Rusia Dilarang Main di Liga Champions oleh UEFA

UEFA melalui Piala Eropa 2020 ingin memberitahukan kepada dunia bahwa sepak bola adalah sebuah kebebasan.

Sementara bolasport.com memberitakan peluncuran Maskot Piala Eropa 2020 mendapat respon kurang baik dari masyarakat pecinta si kulit bundar, pasalnya Skillzy dianggap menyeramkan dan aneh, terutama karena bagian mata yang terlihat juling.

Terlepas dari tampilan fisik maskot terbaru Piala Eropa 2020 tersebut. Nantinya Piala Eropa 2020 akan digelar serentak di 13 (tiga belas) kota benua biru. Turnamen Piala Eropa 2020 dimulai12 Juni hingga 12 Juli 2020. Kota-kota tersebut antara lain Amsterdam, Baku (Azerbaijan), Bilbao (Spanyol), Bucharest (Rumania), Budapest (Hungaria), Kobenhavn (Denmark), Dublin (Rep. Irlandia), Glasgow (Skotlandia), London (Inggris), Munchen (Jerman), Roma (Italia), dan Saint Petersburg (Rusia).