Masuk

UEFA Luncurkan Logo Euro 2024, Legenda Baru Penuh Warna

Komentar

Terkini.id, JakartaBadan Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi luncurkan logo Euro 2024 pada 5 Oktober kemarin, malam waktu setempat di Olympiastadion, Berlin, Jerman.

Melansir laman resmi UEFA, 6 Oktober 2021, Euro 2024 merupakan kompetisi sepak bola terakbar negara-negara Eropa yang akan diadakan di 10 kota di Jerman tiga tahun mendatang.

Logo UERO 2024 didesain berdasarkan 55 warna bendera negara yang menjadi anggota asosiasi UEFA. Semua warna terkombinasi untuk membentuk atap stadion Olympiastadion.

Baca Juga: Liverpool Layangkan Protes ke UEFA Imbas Kalah di Final Liga Champions 2022, UEFA: Maaf

Piala Henri Delaunay yang terkenal ditampilkan di tengah logo, sedangkan 24 irisan warna di sekeliling piala mewakili 24 tim peserta EURO.

Logo tersebut dikatakan UEFA, merupakan upaya untuk menggaungkan keragaman di mana semua orang dapat menerima.

Melansir dari laman Suara, “Sepak bola adalah tempat di mana setiap orang harus merasa di rumah dan logo ini adalah langkah pertama dalam membangun rumah di Jerman untuk UEFA EURO 2024,” kata pernyataan UEFA.

Baca Juga: Resmi! Klub Rusia Dilarang Main di Liga Champions oleh UEFA

Pembuatan logo dan merk EURO 2024 adalah hasil kolaborasi dari UEFA, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), dan 10 kota tuan rumah yang sudah dimulai sejak September 2018.

Agensi kreatif VMLY&R Branding dari Lisbon, Portugal, merancang dan mengembangkan merek tersebut.

Slogan ‘Disatukan oleh Sepak Bola. Vereint im Herzen Europas semakin memperkuat pesan persatuan, kebersamaan dan inklusi ajang Euro 2024.

Logo UEFA EURO 2024 diresmikan dengan pertunjukan cahaya yang spektakuler yang dihadiri langsung Presiden UEFA  Aleksander eferin, presiden sementara Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Rainer Koch, dan direktur turnamen UEFA EURO 2024 Philipp Lahm.

Baca Juga: Big Match Liga Champions: Manchester City versus PSG

Serta Walikota Berlin, Walikota Dortmund, DüsseldorfGelsenkirchen dan Stuttgart, perwakilan dari kota tuan rumah lainnya.

Acara ini menampilkan pertunjukan cahaya spektakuler yang berujung pada pembukaan logo UEFA Uero 2024.

“Sangat menyenangkan melihat logo UEFA EURO 2024 menjadi hidup di Olympiastadion yang ikonik,” kata Aleksander Ceferin

“Mulai sekarang, turnamen ini memiliki identitas merek yang mencerminkan ambisi yang kami miliki bersama dengan asosiasi tuan rumah dan kota tuan rumah: EURO yang benar-benar untuk semua orang. Selama satu bulan, kita akan dipersatukan oleh sepak bola di jantung Eropa.”

Direktur turnamen UEFA EURO 2024, Philipp Lahm menjelaskan bahwa edisi kali ini akan menjadi Euro untuk semua. Dia berharap Jerman bisa menyambut para penggemar sepakbola pada musim panas tiga tahun mendatang.

“Logonya dan identitas merek untuk turnamen menyampaikan pesan ini dengan sempurna,” jelas Lahm.

51 pertandingan UEFA EURO 2024 akan diadakan di sepuluh tempat tuan rumah di Jerman pada bulan Juni dan Juli 2024. Jadwal pertandingan lengkap akan dikonfirmasi pada awal 2022.

Referensi : https://www.suara.com/bola/2021/10/06/081324/uefa-luncurkan-logo-euro-2024-penuh-warna-dan-makna?page=2