Unhas Masuk Deretan Kampus Kelas Dunia, Ikatan Alumni: Selamat untuk Bu Rektor

Terkini.id, Makassar – Majelis Pakar IKA Teknik Unhas menyampaikan selamat atas keberhasilan Universitas Hasanuddin yang berhasil tercatat dalam deretan perguruan tinggi kelas dunia versi QS World University Ranking (WUR). 

Unhas diketahui berada pada kelompok 1001-1200 dalam berdasarkan informasi yang dirilis QS Top University 2022.

“Mewakili alumni. Kami mengucapkan selamat kepada Universitas Hasanuddin atas capaian terbaik ini. Selamat kepada Bu Rektor yang mewariskan prestasi yang harus dijaga oleh para pemangku kepentingan Unhas,” ujar Majelis Pakar IKA Teknik Unhas, M Sapri Pamulu lewat keterangan tertulisnya, Kamis 10 Juni 2021.

Baca Juga: Bahas Studi Administrasi dan Penelitian, Humanis Fisip Unhas Gelar Workshop...

“Semoga peringkat Unhas semakin membaik dalam QS WUR atau pemeringkat universitas dunia lainnya sehingga reputasi Unhas dapat terjaga,” sambungnya.

Menurut Sapri, dengan prestasi tersebut seluruh pihak Unhas termasuk para alumninya harus lebih fokus mengembangkan sejumlah indikator untuk mempertahankan pencapaian itu.

Baca Juga: GenBI Unhas Sukses Gelar Webinar Kesehatan, Kupas Tuntas Soal Vaksin

“Benchmark telah ditetapkan sehingga stakeholders Unhas termasuk alumni dapat lebih fokus pada indikator-indikator yang dievaluasi seperti reputasi employee, reputasi akademik, sitasi per fakultas, rasio mahasiswa-dosen, rasio dosen dan mahasiswa internasional,” jelasnya.

“Saya pikir dengan memperbanyak kelas internasional dengan dual degree juga akan sangat membantu untuk dua indikator terakhir, baik level sarjana maupun pasca sarjana,” tambahnya.

Selain itu, kata Sapri Pamulu, situasi pandemi saat ini juga membuka peluang agar Unhas bisa lebih melahirkan inovasi maupun kolaborasi yang positif.

Baca Juga: GenBI Unhas Sukses Gelar Webinar Kesehatan, Kupas Tuntas Soal Vaksin

Terkait hal itu, Sapri pun menegaskan bahwa IKA Teknik siap berkolaborasi dan membantu pihak Rektorat untuk membangun Unhas ke depannya.

“Momen pandemi sekarang ini lebih membuka peluang untuk mode-mode studi yang kolaboratif dan inovatif. Ini juga sekaligus tantangan untuk almamater dan kami alumni akan senantiasa siap membantu dengan sumber daya dan jaringan yang dimiliki baik individu alumni ataupun organisasi IKA Unhas,” ungkap Sapri Pamulu yang juga merupakan  Pengurus Pusat IKA Unhas.

“Terutama dalam meningkatkan skor untuk indikator ‘reputasi employee’ dan ‘international faculty ratio’ serta ‘faculty student ratio’ dengan melibatkan jejaring alumni,” pungkasnya.

Bagikan