Makassar Terkini
Masuk

Viral Usai Sebar Hoaks, Henry Subiakto: Tahun Depan Saya Mau Berhenti dari Jabatan Pemerintah

Terkini.id, JakartaStaf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Prof Henry Subiakto, mengungkapkan keinginannya untuk berhenti menjadi bagian dari pemerintah di tahun 2022.

Hal itu disampaikan langsung melalui cuitan di laman Twitter pribadinya, pada Jumat 17 Desember 2021.

“Tahun depan saya memutuskan akan berhenti dari jabatan di pemerintah,” cuit Henry Subiakto.

Ia mengatakan, bahwa alasannya berhenti ialah untuk menjadi orang yang lebih bebas bersuara dan menghadapi mereka yang dianggap bisa merugikan negara.

“Saya rindu sebagai orang kampus, yg tidak perlu dibebani dengan sebutan pejabat dll. Saya akan lebih bebas suarakan kecintaan saya pada negeri ini, menghadapi mereka yang perilaku dan ucapannya merugikan bangsa besar ini” tuturnya.

Sebelumnya, postingan yang diunggah oleh Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga menjadi sorotan publik sebab tak sesuai dengan fakta yang ada.

Dalam unggahannya, Prof Henry Subiakto melampirkan sebuah foto anak kecil yang ia sebut kehilangan ibunya karena perang saudara di Irak.

“Anak ini rindu ibunya yang telah tiada karena perang saudara di Irak. Ia melukis di lantai dan tidur di atasnya,” kata Henry sebagai keterangan, pada Kamis 16 Desember 2021.

Namun, ternyata foto anak itu sebenarnya sama sekali tak berhubungan dengan perang saudara di Iraq. Tempo telah meluruskan informasi keliru ini pada tahun 2020 lalu.

Lantaran kesalahannya tersebut, netizen menyebut Henry sebagai penyebar Hoaks. Padahal, Henry sendiri telah mengakui kesalahannya serta mengucapkan terima kasih karena telah dikoreksi.