Wakil Gubernur Apresiasi Terobosan Dukcapil Go Digital

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahap I tahun 2019 Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Kamis 7 Februari 2019.

Terkini.id — Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahap I tahun 2019 Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Kamis 7 Februari 2019.

Rakornas yang mengangkat tema “Dukcapil Go Digital” ini juga dihadiri seluruh jajaran Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bupati/Walikota se Indonesia.

Sekretaris Ditjen Dukcapil RI, I Gede Suratha, mengatakan, sebanyak enam kategori penghargaan kepada kepala dinas dukcapil dan mitra dukcapil yang secara nyata telah menunjukkan peranannya di dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Sementara, Andi Sudirman sangat apresiasi adanya terobosan dukcapil go digital ini. “Saya disini bekerja sama dengan bappeda dan Polri untuk bagaimana digitalisasi ini difungsikan untuk memback-up dari cybercrime,” ucap Andi Sudirman.

Ia menuturkan, data digital bisa mengefisienkan waktu. Selain itu, tidak perlu membawa banyak kartu lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Faldrullah, mengatakan, sistem harus bekerja sebagai satu alat administrasi. Harapan besar Dukcapil dalam empat tahun ini adalah pelayanan terintegrasi 3 in 1, 4 in 1 sampai 6 in 1. Pembuatan KTP elektronik tanpa pengantar dari RT/RW, Desa/Kelurahan.

“Cukup membawa fotokopi KK, perekaman dan pembuatan KTP elektronik yang tidak mengubah elemen,” pungkasnya.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini