Masuk

Wapres Ma’aruf Amin Akui Provinsi Sulsel Bisa Survive di Tengah Krisis Ekonomi

Komentar

Terkini.id – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengakui, bahwa ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan bisa survive di tengah krisis ekonomi.

Hal itu diungkapkan oleh Wapres RI saat menghadiri Silaturahmi Sivitas Akademika UMI dan melaunching Z-Mart UMI Baznas Sulsel, di Gedung Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Makassar, Sabtu 3 Desember 2022.

“Pengalaman dari rentetan krisis ekonomi terdahulu, ekonomi Sulawesi Selatan justru tumbuh impresif. Tepat ekonomi global bergejolak, di saat pandemi pun demikian. Kinerja perekonomian Sulsel lebih baik dibandingkan rata-rata nasional, yakni tumbuh 4,65 persen pada tahun 2021,” ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Lantik 23 Pejabat Eselon III dan 207 Kepala Sekolah

Menurutnya, Sulsel memiliki potensi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah Nasional dari kawasan Timur Indonesia,

“Sulsel sebagai sentra pertanian, perikanan, dan perdagangan,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel yang bisa meningkatkan hasil pertanian, yakni produksi padi di Sulsel akan mengalami kenaikan menjadi 5.341.021 ton untuk akhir 2022 ini, atau naik 250.384 ton jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Siap Tampilkan 100 Lebih Produk Unggulan di Inacraft 2023

“Saya sudah dikasih tahu oleh pak gubernur bahwa tahun ini pertaniannya meningkat 250 ribu ton,” ujarnya.

Wapres juga mengungkapkan alasan menguatnya ekonomi Indonesia. Pertama, pemulihan ekonomi berjalan di jalur yang tepat. Indeks manufaktur ekspansif, ekspor terus tumbuh, dan surplus neraca perdagangan terus membesar.

“kita bersyukur, dukungan fundamental ekonomi yang kuat, serta pilihan kebijakan yang tepat, mampu membawa perekonomian Indonesia tumbuh 5,72 persen pada triwulan ketiga tahun 2022 ini,” ungkapnya.