Warga Indonesia dapat Undangan Mencoblos di Pemilu Belanda

Undangan memilih Calon Anggota Waterschap / Foto : Andi Ahmad Yani
Undangan memilih Calon Anggota Waterschap di Belanda / Foto : Andi Ahmad Yani

Terkini.id, Leiden – Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang menempuh pendidikan di Negara Belanda mendapat undangan mencoblos. WNI diajak mencoblos pada Pemilu Belanda yang akan digelar 20 Maret 2019.

“Namun, bagi saya yang berstatus warga asing, hanya bisa memilih Anggota Dewan Pengelola Air (DPA) atau dalam bahasa Belandanya Waterschap,” ungkap Andi Ahmad Yani, Dosen Unhas yang sedang menempuh pendidikan di Kota Leiden kepada Makassar Terkini, Selasa 5 Maret 2019.

Menurut Yani, surat undangan untuk memilih dikirim Pemerintah Kota (Gemeente) Leiden. Seperti halnya di beberapa negara demokrasi lain, setiap warga yang memiliki KTP atau resident permit di Belanda berhak memilih.

Ada lima pemilu di Belanda. Pemilihan untuk memilih anggota parlemen di Uni Eropa, parlemen pusat, parlemen di provinsi, 26 dean air, dan pemilihan untuk 380 council (DPRD Kota).

Tahun 2019 ini ada dua pemilu. Pada 20 maret nanti, pemilihan Anggota Dewan Air, Anggota Parlemen Kota dan Provinsi. Pada bulan Mei 2019 akan dilakukan pemilihan parlemen nasional dan parlemen Uni Eropa.

“Untuk jabatan perdana menteri tergantung hasil pemilihan di parlemen,” kata Yani.

Warga asing hanya boleh memilih Anggota Dewan Pengelola Air

Suasana kanal di Kota Leiden / Foto : Andi Ahmad Yani
Suasana kanal di Kota Leiden / Foto : Andi Ahmad Yani

Lembaga DPA adalah salah satu lembaga demokrasi tua di dunia. Menurut beberapa catatan sejarah, lembaga ini berdiri sejak abad 13. Sebagai negara yang hampir semua wilayahnya berada di bawah permukaan air, maka posisi lembaga ini sangat penting.

Awalnya terdapat ratusan  lembaga pengelola air di Belanda yang berdiri secara mandiri oleh masyarakat. Namun saat ini tersisa 26 lembaga. Dengan wilayahnya tidak mengikuti wilayah pemerintahan distrik. Pembagian wilayah berdasarkan pertimbangan faktor kondisi ekosistem air yang ada.

Posisi DPA setara dengan Pemerintah Distrik (Kabupatem/Kota). Secara struktur hampir sama dengan pemerintah biasa yang terdiri atas eksekutif dan legislatif.

Lembaga legislatif DPA dalam bahasa Belandanya adalah hoofdingelanden. Anggotanya dipilih langsung oleh warga yang bersamaan dengan jadwal Pemilu memilih anggota parlemen.

Anggota DPA dipilih sekali dalam empat tahun. Jumlah anggotanya beragam tergantung jumlah penduduk. Jumlah paling sedikit 23 orang dan paling banyak 30 orang.

Anggota DPA harus mewakili 4 kelompok pengguna air yaitu warga, petani, kelompok bisnis atau industri,  pengelola taman atau hutan. Selain itu beberapa kelompok kepentingan tertentu (kelompok pertanian) memiliki hak spesial menunjuk orangnya.

Proses pemilihan dan jumlah setiap perwakilan sudah ditentukan melalui Undang Undang. Umumnya, alokasi jumlah kursi untuk perwakilan warga lebih banyak.

Lembaga eksekutifnya disebut heemraden atau hoogheemraden. Anggotanya ditunjuk oleh   hoofdingelanden yang mewakili setiap kelompok pengguna air tadi dari mereka yang telah terpilih.

Ketuanya atau dikenal dijkgraaf bukan dari salah satu anggota yang dipilih oleh warga melalui Pemilu. Namun hoofdingelan memiliki otoritas untuk menyeleksi kandidat, kemudian merekomendasikan ke kementerian yang mengelola infrastruktur air.

“Selanjutnya akan dipilih dan dilantik oleh raja dengan masa pengabdian enam tahun,” ungkap Yani.

Fungsi Dewan Pengelola Air di Belanda

Andi Ahmad Yani
Andi Ahmad Yani

Sebagai lembaga otonom, DPA mengelola anggaran sendiri melalui pajak khusus yang terkait dengan air. Setiap rumah, kantor, restoran, perahu dikenakan pajak. DPA memiliki otoritas pengambilan kebijakan khusus terkait dengan pengelolaan air.

Untuk itulah DPA bertanggungjawab memastikan air mengalir dengan baik, dan meminimalkan kemungkinan terjadinya banjir. DPA juga memelihara semua kanal di Belanda dengan cara mengeruknya secara rutin. Membersihkan tumbuhan disekitar kanal.

“Suatu saat nilai air akan lebih mahal dan langka. Semoga kita bisa belajar dari Waterschap di Belanda dalam mengelola air di negeri kita,” harap Yani.

“Selain itu, kita juga belajar bagaimana Belanda menghargai warga asing seperti saya, untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu nanti,” tambahnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

I’tikaf dan Lailatul Qadar

PADA Jumat, 24 Mei 2019 bertepatan hari ke-19 ramadan 1440 Hijriyah, saya mendapat amanah khotbah Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar.Panitia memberi topik; “I’tikaf
Opini

Ramadan itu Bulan Alquran

DEMIKIAN dahsyatnya kekuatan ruhiyah Al-Quran sehingga sekiranya diturunkan di atas sebuah gunung niscaya gunung itu akan goncang. Goncang karena rasa takut terhadap Allah SWT,
Opini

Pilpres, Hoaks dan Darurat Literasi Digital

PILPRES  2019 mungkin arena pertarungan paling menguras energi sepanjang sejarah republik ini. Tidak hanya bagi kedua pasang kandidat dan tim pemenangan masing-masing, tetapi juga
Opini

Entertainisasi Ramadan

KEHADIRAN bulan Ramadan yang penuh hikmah, mestinya menjadi momentum bagi umat Islam melakukan resonansi penyucian jiwa, menuju pembentukan pribadi muslim yang paripurna.Berbagai ekspresi keagamaan
Opini

Pembunuhan Karakter di Media Sosial

ERA keterbukaan informasi merupakan gerbong yang luar biasa bagi masyarakat luas untuk mendapatkan informasi yang cepat, mudah dan tidak terbatas.Sebagai warga negara, memperoleh informasi
Opini

Puasa itu Menyuburkan Ruhiyah

Mankind is a spiritual being in a physical body.KALAU seandainya saya ditanya tentang defenisi manusia maka jawaban saya kira-kira seperti di atas. Bahwa manusia
Opini

Pendidikan Qur’ani

MOMENTUM 17 Ramadan ini sejatinya menjadi titik pijak merenungkan ihwal konstruksi dunia pendidikan dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber ilmu dan akhlak.Pendidikan berkualitas melahirkan sumber
Opini

Iqra’ dan Nuzulul Quran

IQRA adalah perintah pertama Alquran. Iqra artinya bacalah. Peristiwa pertama turunnya Alquran (nuzulul quran) kepada Rasulullah Saw terjadi pada malam 17 ramadan.Peristiwa itulah jadi
Opini

Puasa itu Menyehatkan

“Berpuasalan niscaya kamu sehat” (hadits).Tak dapat disangkal lagi bahwa berdasarkan penelitian pada ahli kesehatan, sebagian besar penyakit yang terjadi dalam tubuh manusia disebabkan oleh