Waspada, 4 Penyakit Ini Mengintai Anda yang Sering Mimpi Buruk

Mimpi
Ilustrasi mimpi buruk. (foto: hellosehat.com)

Terkini.id – Hampir semua orang pernah mengalami mimpi buruk saat tidur malam hari. Apakah bermimpi tentang bertengkar, berkelahi, nyaris dibunuh, atau bahkan bermimpi soal kematian.

Saat bangun, Anda kebingungan, jantung berdebar, dan merasa senang karena mimpi itu sudah berakhir. Namun jika mimpi buruk sering mengunjungi malam Anda, bisa jadi 4 penyakit ini mengintai Anda.

Apa saja penyakit tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretannya.

1. Gangguan Jantung

Mimpi

Jika Anda sering mengalami mimpi buruk, lebih baik perhatikan kesehatan jantung. Mimpi buruk disertai dengan kualitas tidur yang buruk bisa menjadi tanda penyakit jantung.

Sebuah penelitian di tahun 2003 menunjukkan bahwa mimpi buruk cukup umum terjadi pada pasien dengan detak jantung tidak teratur dan nyeri dada spasmodik.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa nyeri dada dan detak jantung tidak teratur lebih banyak terjadi pada wanita berusia 40-64 tahun yang sering mengalami mimpi buruk dan sulit tidur.

2. Penyakit Syaraf

Mimpi

Beberapa orang yang sering mengalami mimpi buruk terkadang suka berteriak, menendang, dan menangis. Kondisi seperti ini harus diwaspadai karena besar kemungkinan orang tersebut menderita penyakit parkinson atau gangguan penurunan fungsi syaraf.

3. PTSD

Mimpi

Seseorang yang selamat dari pengalaman traumatis sering mengalami mimpi buruk, di mana ia dapat menghidupkan kembali pengalaman mengerikannya itu. Mimpi buruk itu menjadi indikator dari penyakit Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

4. Sleep Apnea

Mimpi

Sleep Apnea adalah sejenis gangguan yang menyebabkan pernapasan berhenti sejenak ketika sedang tidur. Orang yang menderita gangguan ini kerap kali mengalami mimpi buruk seperti tenggelam atau tercekik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Tips Aman Mudik Lebaran Bersama Lansia

Terkini.id, - Lebaran sebentar lagi, waktu untuk mudik lebaran menjadi sesuatu yang ditunggu bagi mereka yang merantau dan bekerja di perkotaan. Kembali ke kampung
Health

Makanan Sehat dan Suplemen Pembentuk Otot

Terkini.id, - Banyak orang mengikuti fitness untuk membentuk otot, selain sebagai olahraga kebugaran. Selain fitness ditunjang juga dengan suplemen pembentuk otot yang diharuskan dikonsumsi.Suplemen