Waspada Ancaman Flu Babi Jenis Baru, Berpotensi Menjadi Pandemi

Waspada Flu Babi Jenis Baru G4

Terkini.id, Jakarta – Dunia masih sementara berperang melawan pandemi virus corono, menyusul pemberitaan adanya virus flu babi jenis baru yang mulai beredar di populasi babi-babi di China.

Ancaman flu babi baru jenis genotype 4 (G4) disinyalir berpotensi menjadi pandemi.

Virus flu babi G4 ini belum ditemukan pada orang yang sakit, tapi telah ditemukan pada populasi yang telah dilakukan penelitian pemeriksaan darah terhadap kemungkinan adanya virus ini.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran terkait adanya virus flu babi G4 untuk kewaspadaan nasional atas virus ini, pertanggal 9 Juli 2020.

Menurut keterangan dari dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, mengungkapkan ada sejumlah alasan virus Flu babi G4 ini berpotensi menjadi pandemi.

Menarik untuk Anda:

Selain telah beredar di populasi babi-babi di China yang telah disurvey, virus tersebut juga bisa melekat pada reseptor yang ada di saluran pernafasan manusia.

Hal ini diungkapkannya pada media briefing secara virtual, Kamis, 9 Juli 2020 seperti dilansir dari Kemenkes RI.

Menurutnya, dengan melekat di reseptor virus ini dapat masuk ke sel-sel manusia dan bisa juga melekat di jaringan trakea terutama di sel-sel yang melapisi trakea.

Dari melekat di tabung penghubung saluran pernafasan bagian atas dan bagian bawah kemudian dapat menuju ke paru-paru manusia.

Sealin itu virus ini bisa menginfeksi sel epitel saluran napas manusia, setelah itu berkembang biak menyebar saluran tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mantan Dosen Penyuka Swinger Catut Nama NU untuk Gaet Korbannya

Kenang Gus Im, Gus Muwafiq: Almarhum Tak Mau Lihat Temannya Susah

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar