Waspada, Ini Aplikasi di Smartphone yang Bisa Mencuri Data Pribadi Anda

Smartphone
Smartphone. (Foto: ilustrasi)

Terkini.id – Bagi para pengguna smartphone, aplikasi adalah hal yang sangat penting karena aplikasi inilah yang menghubungkan mereka ke suatu hal atau ke suatu tujuan dengan cepat.

Misalnya saja kamu ingin memutar atau menonton video, tentu kamu membutuhkan aplikasi YouTube agar lebih mudah dan cepat. Atau misalnya kamu ingin memesan transportasi online tentu kamu membutuhkan aplikasi transportasi online di smartphone kamu.

Tapi sayangnya, tidak semua aplikasi memiliki fungsi yang baik. Beberapa aplikasi yang mungkin telah Anda install tersebut ternyata memiliki dampak negatif bagi diri Anda.

Beberapa aplikasi berbahaya belum lama ini dihapus dari aplikasi Play Store oleh Google. Alasannya, aplikasi-aplikasi tersebut bisa melacak dan mencuri data pribadi penggunanya.

Aplikasi berbahaya itu digunakan untuk melacak dan mengirim data lokasi, serta kontak, call log dan pesan singkat (SMS).

Hal tersebut diungkapkan oleh perusahaan anti-virus Avast. Avast menuding kemungkinan besar ada tujuh aplikasi yang dibuat oleh pengembang Rusia yang berbahaya bagi penggunanya.

“Aplikasi ini memerlukan snoop untuk memiliki akses ke ponsel yang ingin mereka mata-matai. Snoop dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store dan menunggu pengguna memasukkan memasukkan alamat email beserta sandi kunci (password),” ujar Avast, seperti dikutip dari GadgetNow, Jumat 19 Juli 2019.

Smartphone
Ilustrasi aplikasi di smartphone. (Foto: merdeka)

7 aplikasi berbahaya telah dihapus oleh Google

Adapun ketujuh aplikasi berbahaya tersebut yang kini telah dihapus oleh Google yakni Employee Work Spy, SMS Tracker, Spy Tracker, Mobile Tracking, Phone Cell Tracker, Spy Kids Tracker, dan Track Employees Check Work Phone Online Spy Free.

Aplikasi lain yang dihapus Google adalah Update for Samsung. Aplikasi ini sebelumnya dilaporkan menipu pengguna dengan meminta bayaran agar update software Samsung bisa berjalan dengan cepat. Padahal update yang dilakukan Samsung selalu gratis.

Aplikasi berbahaya berikutnya yang harus Anda hapus dari Smartphone yakni game Hill Climb Racing dan Temple Run.

Dilansir dari GSM Arena, kedua aplikasi itu merupakan aplikasi palsu yang membutuhkan banyak sekali izin akses data sensitif yang tidak terkait.

Menurut laporan Universitay of Sydney dan Data61 dari CSIRO, sekitar 2.040 aplikasi berbahaya di Play Store. Ribuan aplikasi itu akan meminta izin yang mencurigakan dan ada pula yang langsung menanamkan malware di smartphone.

Berita Terkait
Komentar
Terkini