Waspada, Ini Deretan Penyakit Kronis yang Mengintai Para Jomblo

Jomblo
Jomblo. (Foto: IDN Times)

Jadi jomblo memang tidak salah, bisa saja jomblo itu karena Tuhan belum memberikan pasangan yang cocok, bisa juga karena keinginan sendiri, atau bahkan karena memang tak ada orang yang menyukainya.

Namun, terlalu lama jomblo juga berbahaya bagi kesehatan diri sendiri. Buat orang-orang yang sering merasa kesepian karena kejombloannya, berhati-hatilah karena penyakit kronis ini akan mengincar kalian.

Penyakit Jantung

Sebuah riset di Harvard pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa orang dewasa yang hidup sendirian dan merasa kesepian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 24 persen.

Rabin mengatakan bahwa orang yang tidak mendapatkan dukungan sosial seringkali gampang stres dan hal tersebut meningkatkan risikonya untuk terserang penyakit jantung.

Penyakit Demensia

Demensia dapat digambarkan sebagai penyakit di mana seseorang secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk berpikir, mengingat, dan menikmati fungsi ingatannya sehari-hari.

Gejala utama demensia meliputi hilangnya ingatan, penurunan mental, ketidakmampuan berbicara dan mengerti maksud pembicaraan, kebingungan, kemarahan, kegelisahan, dll.

Sekelompok peneliti di University College of London mengatakan bahwa orang yang sudah menikah atau orang dengan hubungan yang stabil memiliki lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi sosial di usia senja, dibandingkan dengan orang yang single, yang cenderung terisolasi tanpa pasangan, setelah usia tertentu.

Penyakit Alzheimer

Penelitian tahun 2013 oleh Ohio State University memperlihatkan bahwa seseorang yang kesepian cenderung memiliki sistem imunitas tubuh yang lebih lemah.

Mereka jadi lebih rentan mengalami peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung, artritis, diabetes tipe 2, serta penyakit Alzheimer.

Berita Terkait
Komentar
Terkini