Zelensky ke Jokowi: Kunjungan Pertama Pemimpin Negara Asia ke Kyiv Sejak Perang

Terkini.id, Jakarta – Zelensky apresiasi Jokowi pemimpin Negara Asia pertama kunjungi Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh, Kamis 30 Juni 2022.

Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Zelensky menyatakan bahwa Jokowi adalah pemimpin Asia pertama yang telah mengunjungi Kyiv sejak perang tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Zelensky pada akun Instagram resmi miliknya yang dilihat oleh detiknews, Rabu 29 Juni 2022. Zelensky mengucapkan Ukraina menghargai dukungan dari rakyat Indonesia dan juga Jokowi selama perang yang dialami oleh Ukraina.

Baca Juga: Dokter Tifa Singgung Jokowi Tarik Utang: Terus Saja, Sampai 1.800...

“Ukraina sangat menghargai dukungan rakyat Indonesia dan dukungan personal Presiden Joko Widodo @jokowi selama perang untuk kebebasan dan kemerdekaan negara kami ini,” ujar Zelensky.

Zelensky menyebut dirinya dan Jokowi membahas beberapa hal. Salah satunya mengenai propek rekosntruksi usai perang.

Baca Juga: Jokowi Akan Tarik Utang, Dokter Tifa: Seperti Orang Terjerat Pinjol

“Selama pembicaraan, kami membahas pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina dan melanjutkan ekspor produk pertanian, serta prospek rekonstruksi pascaperang Ukraina,” paparnya Zelensky.

“Kami sepakat untuk meluncurkan rezim bebas visa antara negara kami,” lanjutnya Zelensky.

Zelensky lantas juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Jokowi. Ia menyampaikan bahwa Jokowi adalah pemimpin negara Asia pertama yang sudah mengunjungi Kyiv sejak perang di antara Ukraina dan Rusia terjadi.

Baca Juga: Jokowi Akan Tarik Utang, Dokter Tifa: Seperti Orang Terjerat Pinjol

“Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh,” imbuhnya.

Bagikan