Zero Pasien, Begini Cara Kepala Desa Maccile Soppeng Tekan Penyebaran Covid-19

Desa Maccile
Kepala Desa Maccile Soppeng, Herman

Terkini.id, Soppeng – Kasus Covid-19 di Desa Macille, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, beberapa bulan lalu terus meningkat. Kendati demikian, Kepala Desa Maccile Herman mampu menurunkan angka tersebut.

Hal tersebut ia lakukan dengan cara kedisiplinan protokol kesehatan seperti penyemprotan desinfektan dan membagikan ribuan masker untuk warga Maccile.

Selain itu, pihaknya juga menerepkan wajib lapor bagi warga yang masuk di wilayah Desa Maccile dengan cara melaporkan diri kepada RT/RW setempat.

Menurut Herman, pihaknya telah mengantisipasi penyebaran virus corona dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah milik warga.

“Cara mengatisipasi kami dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah warga, lalu kami membagi ribuan masker, dan jika ada warga kami yang dari luar maka harus melapor ke RT/RW setalah itu laporan tersebut kami teruskan ke kecamatan,” ujarnya.

Menarik untuk Anda:

Lanjut Herman mengatakan, meski beberapa waktu lalu telah terjadi kisruh dengan pasien Covid-19 dikarenakan pihak Dinas Kesehatan tak memberikan ruang isolasi Covid-19 RS latemamala Soppeng, pihak desa bersama anggota DPRD Soppeng H. Ismail mampu menyelesikan masalah tersebut.

“Beberapa waktu lalu ada kisruh dengan warga kami yang positif, tapi pihak Dinkes merujuk ke Makassar padahal masih ada kosong di ruang isolasi tersebut, hal ini membuat keluarga pasien marah, tapi Alhamdulillah semuanya bisa diatasi dibantu oleh anggota DPRD  dan aparat TNI/Polri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Maccile mencapai 9 orang beberapa waktu lalu, hingga saat ini telah menjadi zero alias nol pasien.

“Alhamdulillah di desa kami sudah di angka nol pasien Covid-19. Semoga tidak bertambah lagi,” ujarnya.

Herman juga mengimbau warganya untuk menerapkan protokol kesehatan, agar tidak terpapar Virus Corona dan jika ada warga yang masuk ke desa tersebut pihaknya minta untuk melaporkan ke RT/RW.

“Masyarakat Desa Maccile diharapkan menerapkan Protokol Kesehatan dikarenakan pademi Covid-19 entah kapan akan berahir, dan kami minta warga yang dari luar kota agar melapor ke RT/RW,” imbaunya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Innalillah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Soppeng Wafat

Satgas Covid-19 Soppeng Akan Perketat Protokol Kesehatan di Acara Pernikahan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar