Ziarah di Taman Makam Pahlawan, Ini Harapan Walikota Palopo

Walikota Palopo
Walikota Palopo HM Judas Amir ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Terkini.id. Palopo – Usai pelaksanaan upacara bendera, Walikota Palopo Drs. HM. Judas Amir, MH, dan Wakil Walikota Palopo Dr. H. Rahmat Masri Bandaso, M.S.i bersama rombongan Forkopimda lainnya serta para pimpinan perangkat daerah Kota Palopo melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Palopo, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pada prosesi tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 1403 Sawerigading Letkol. Inf. M. Imasfy, dan selaku Komandan Upacara Letda Cba Palimbanan.

Pada kesempatan itu, Walikota Palopo HM Judas Amir menyampaikan ziarah ini selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan mengandung makna yang sangat dalam.

Lanjutnya, ziarah ke makam para pahlawan selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh pihak khususnya para prajurit TNI untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Ziarah ke TMP ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa. Juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawannya,” ungkap Walikota.

Pada ziarah tersebut diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan kusuma bangsa dan peletakan karangan bunga di monumen TMP Kota Palopo, serta penaburan bunga pada makam para pahlawan yang terdiri dari 253 pejuang TNI-Polri, 6 orang pejuang sipil, 345 orang pejuang rakyat, dan 46 orang pahlawan tak dikenal yang telah mengabdi dan berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini