Makassar Terkini
Masuk

3 Dugaan Motif Pembunuhan Brigadir J Kata Mahfud MD, Termasuk Perselingkuhan

Terkini.id, Jakarta – Motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J oleh atasannya yakni Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo masih tetap misteri sampai hari ini.

Meski Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo telah ditetapkan tersangka namun polisi masih menutup rapat-rapat apa motif yang melatarbelakangi pembunuhan tersebut.

Beragam spekulasi muncul terkait kasus pembunuhan di rumah dinas Ferdy Sambo itu.

Namun Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD bicara mengenai dugaan motif pembunuhan Brigadir J.

Sebelumnya, Mahfud MD telah memberikan gambaran bahwa motif pembunuhan Brigadir J sensitif dan hanya boleh diketahui oleh orang dewasa.

Mahfud MD mengatakan ada tiga spekulasi mengenai motif pembunuhan Brigadir J yang dianggapnya sensitif tersebut.

“Kalau motif biar dikonstruksikan oleh polisi, jangan ke saya, karena menurut saya ini sensitif,” kata Mahfud MD saat dialog dalam acara Satu Meja The Forum Kompas TV, seperti dikutip Tribunnews, Jumat 12 Agustus 2022.

Motif pertama, kata Mahfud, karena pelecehan.

“Pertama, pelecehan. Pelecehan itu seperti apa, apakah membuka baju atau apa. Nah, ini kan untuk orang dewasa,” ujar Mahfud MD.

Motif kedua, perselingkuhan empat segi.

“Kedua, katanya perselingkuhan empat segi, siapa yang bercinta dengan siapa. Dan terakhir, muncul karena usaha perkosaan, lalu ditembak. Itu kan sensitif,” ujar Mahfud MD.

Motif Ketiga, perkosaan hingga akhirnya Brigadir J ditembak di tempat.

“Dan terakhir, muncul karena usaha perkosaan lalu ditembak. Itu kan juga sensitif,” kata Mahfud MD.

Lebih jauh, Mahfud MD mengatakan biarlah polisi yang membuka ke publik mengenai motif pembunuhan Brigadir J karena uraiannya panjang.

Kemudian setelah itu diserahkan ke Jaksa untuk mengungkapkannya di pengadilan di persidangan kelak.

“Jadi yang buka jangan saya biar polisi saja karena uraiannya panjang. Nanti polisi yang membuka ke publik, kemudian jaksa yang membuka di pengadilan. Kalau tanya ke saya nanti malah salah,” ujar Mahfud.

Terkait hal itu, Sampai saat ini belum ada laporan resmi terkait motif dugaan pembunuhan Brigadir J.