5 Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok di Bulan Puasa

Berhenti Merokok
Ilustrasi berhenti merokok. (foto: sriwijayapost.com)

Terkini.id – Seseorang yang aktif merokok biasanya susah sekali kalau disuruh berhenti. Saat mencoba berhenti merokok, mereka akan merasakan pusing, lemas, dan tidak fokus melakukan apa saja. Kondisi ini biasanya akan hilang begitu mereka kembali merokok meski hanya beberapa isap saja.

Saat puasa, para perokok aktif tentu tidak bisa mengisap batang tembakau itu saat siang. Selama seharian mereka akan tersiksa sehingga begitu waktu berbuka puasa tiba mereka akan langsung mengambil rokok dan mengisapnya dalam-dalam. Tidak makan pun, perokok sudah merasa kenyang dengan rokok yang mereka isap.

Sebenarnya puasa adalah saat yang tepat untuk mencoba berhenti merokok. Dengan sedikit tekanan dari kewajiban dan tekat yang kuat Anda pasti bisa melakukannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Awali dengan Niat

Berhenti Merokok
(foto: himedik.com)

Niat adalah modal paling utama untuk berhenti merokok saat puasa, seperti dikutip dari Hello Sehat. Sangat penting untuk mengokohkan niat dan mental sebelum memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

2. Hindari pemicu merokok

Berhenti Merokok
(foto: hellosehat.com)

Para perokok aktif pasti tahu kalau pasangan tepat untuk rokok adalah kopi. Kalau sudah ngopi dan ditemin dengan rokok, pria akan merasa kenyang dan tidak membutuhkan apa-apa. Bahkan tidak langsung makan saat berbuka puasa pun tidak menjadi masalah bagi mereka.

Kalau Anda ingin belajar untuk berhenti merokok khususnya saat bulan Ramadan, coba jauhi kopi dan hal-hal yang memicu keinginan merokok jadi timbul.

Lebih baik banyak-banyak minum air putih saat berbuka dan sahur karena bisa menghidrasi tubuh lebih lama dan kita jarang pusing saat siang hari.

3. Olahraga secara rutin

Berhenti Merokok
(foto: winnetnews.com)

Berolahraga secara rutin setiap hari khususnya saat berpuasa akan membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Anda tidak akan mudah loyo karena kekurangan asupan nikotin yang biasanya didapatkan dari rokok.

Untuk memaksimalkan keinginan berhenti merokok, coba lakukan olahraga minimal 30 menit setelah salat Tarawih. Kalau Anda sempat melakukannya saat pagi atau sore sebelum berbuka puasa juga lebih baik.

4. Makan sesuatu yang membuat mulut tidak asam

Berhenti Merokok
(foto: waspada.com)

Sejumlah perokok aktif kerap merasakan mulut dan lidahnya jadi asam kalau tidak segera mendapatkan asupan nikotin. Untuk mencegah rasa asam ini terus keluar dan membuat Anda jadi tergoda untuk merokok, coba makan sesuatu yang manis atau memiliki rasa mint.

5. Mengulur waktu merokok

Berhenti Merokok
(foto: bogordaily.net)

Dikutip dari Hello Sehat, saat stres, berdiam diri malah akan membuat kamu merasa makin tertekan. Nah, hal seperti ini sering kali membuat hasrat untuk merokok jadi tidak terbendung lagi.

Jika sudah tidak tahan lagi dan benar-benar ingin merokok, kamu bisa menggunakan trik dengan mengulur waktu. Misalnya tahan hasrat merokok selama 5 menit. Jika 5 menit berhasil, ulangi lagi sekali lagi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini