5 Tempat Wisata di Indonesia Bersejarah Wajib Dikunjungi

Kota Tua di Jakarta
Museum Fatahilah, Kota Tua di Jakarta (Sumber : nativeindonesia.com

Terkini.id, – Untuk menghabiskan liburan atau hanya menikmati akhir pekan, tentu ada banyak pilihan tempat wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi. Di antara banyak tempat yang dapat dijadikan pilihan tersebut, mungkin yang memiliki muatan sejarah adalah pilihan yang istimewa.

5 Tempat Wisata di Indonesia
Selain menjadi tempat wisata untuk refresh, wisata sejarah juga mampu membuat kita belajar lebih banyak tentang masa lalu. Berikut kita akan melihat 5 tempat wisata di Indonesia yang memiliki nilai sejarah tinggi. Dan kita akan memulainya dari sebuah benteng bersejarah dari provinsi Bengkulu.

Fort Marlborough di Bengkulu

Fort Marlborough Bengkulu (Sumber : wikipedia)

Datang dari bumi Raflesia, Benteng Marlborough atau Fort Marlborough adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang bagus untuk dikunjungi. Nilai sejarah yang terdapat dalam benteng yang dibangun tepat menghadap pesisir pantai Bengkulu ini, akan membantu kita untuk mengenal sejarah lebih jauh.

Benteng Marlborough adalah benteng pertahanan Inggris yang dibangun oleh Joseph Callet pada kisaran tahun 1714 sampai dengan 1719. Bentuk benteng ini unik jika diperhatikan dari udara yang menyerupai kura-kura dengan pintu benteng sebagai kepalanya.

Dengan bangunan yang masih sangat terawat, dilengkapi pula dengan artefak sejarah yang lengkap, benteng ini dapat menjadi objek wisata sejarah yang bagus untuk dikunjungi. Selain tentu saja sekaligus juga menikmati keindahan alam Bengkulu di sekitarnya.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang (Sumber : sda.pu.go.id)

Di Palembang bukan hanya Jembatan Ampera, atau pun kuliner empek-empek kapal selamnya yang membuat Palembang patut dijadikan tujuan wisata. Bahkan untuk yang menyukai wisata sejarah pun, Palembang memiliki tempat yang menarik.

Salah satu tempat wisata sejarah yang menarik di kota Palembang adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Di museum ini, terdapat banyak sekali benda bersejarah yang dapat dilihat dan dipelajari. Mulai dari koleksi senjata, pakaian songket tradisional, kerajinan masyarakat, hingga koin sebagai alat pertukaran.

Taman Sari di Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta (Sumber : wikipedia)

Yogyakarta tentu saja sudah menjadi tempat wisata di Indonesia yang mendunia dan terkenal karena keindahan budayanya. Setiap tahun ada ribuan turis mancanegara yang mengunjungi Yogyakarta. Dan di antara banyak tempat wisata yang populer di Kota Gudeg ini, Taman Sari adalah salah satu yang istimewa.

Taman Sari adalah taman pemandian keluarga kerajaan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Keindahan Taman Sari sudah terkenal dengan desain arsitekturnya yang menawan. Di tempat ini, para pengunjung akan disuguhi dengan pulau buatan, danau buatan, jembatan gantung dan lain sebagainya.

Masjid Agung Demak di Demak

Masjid Agung Demak (Sumber : wikipedia)

Tidak hanya sebagai tempat peribadatan yang khusyu dan penuh nilai sejarah, Masjid Agung Demak juga merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi. Masjid ini pada tahun 1995, bahkan pernah diajukan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Masjid Agung Demak dibangun pada masa pemerintahan Raden Fatah, salah satu raja besar Nusantara. Arsitektur masjid ini juga sangat menarik dengan memadukan unsur budaya islam dan hindu kuno.

Hal menarik lain dari bangunan masjid ini adalah salah satu tiangnya yang terbuat dari serpihan kayu yang disebut Soko Tatal. Ada kisah kesaktian Sunan Kalijaga dalam pembangunan tiang ini yang membuat Masjid Demak semakin layak untuk dijadikan tempat wisata sejarah berkonsep religi.

Kota Tua Jakarta di Jakarta

Museum Fatahilah, Kota Tua di Jakarta (Sumber : nativeindonesia.com

Meskipun Jakarta berkembang menjadi salah satu besar dunia yang semakin modern, bukan berarti nilai sejarahnya jadi berkurang. Di Jakarta ada sebuah distrik destinasi yang bernama Kota Tua Jakarta sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan nilai sejarah selanjutnya.

Ada tiga tempat utama pada Kota Tua Jakarta yang memiliki nilai sejarah tinggi, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Keramik dan Seni Rupa, serta Kantor Pos. Ketiga tempat ini merupakan saksi-saksi sejarah dimana perjuangan Indonesia pada masa imperialisme VOC berlangsung. Selain itu pada masa penjajahan Belanda tempat ini juga pernah menjadi gedung pengadilan tinggi Batavia.

Mengunjungi tempat wisata di Indonesia beserta sejarahnya pada perkembangannya tidak hanya sekedar bernilai wisata semata. Namun ini juga menjadi sebuah pola ajar untuk mendidik anak bangsa untuk mencintai sejarah bangsanya. Dan ini menjadi efektif, karena tempat wisata di Indonesia yang bernilai sejarah kemudian dapat pula lebih dikenal secara luas di masyarakat.

Komentar

Rekomendasi

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Yuk Berburu Foto Cantik di 5 Destinasi Instagrammable Semarang Ini

5 Kelebihan Airy Syariah ini Cocok untuk Wisata Halal di Padang

4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Seru-Seruan Bareng Keluarga di Malang? Nih, Rekomendasi Tempatnya

Keren, Inilah Pammase Dewata, Obyek Wisata Baru di Sidrap

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar