9 Fakta di Balik Kebakaran TPA Sampah Antang Makassar

Petugas melakukan pemadaman di lokasi kebakaran TPA Antang

Terkini.id,Makassar – Kebakaran kembali melanda sejumlah titik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Tamangngapa Kecamatan Manggala kota Makassar, Sulawesi Selatan  sejak Minggu 15 September 2019 lalu.

Diketahui, peristiwa kebakaran pertama terjadi pada Minggu 15 September 2019 lalu pukul 13:30 Wita. Namun, api belum berhasil dipadamkan oleh tim dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar.

Berikut ini beberapa fakta yang berhasil dihimpun terkini.id selama peristiwa kebakaran terjadi:

1. Pemulung Kehilangan Puluhan Karung Sampah

Pemulung di TPA Antang Makassar/ Echa Panrita Lopi

Pemulung merugi atas terbakarnya TPA sampah Antang. Seperti yang dialami Pung Unnah saat kejadian dirinya sedang memulung bersama dengan pemulung lainnya. Api tiba tiba muncul. Ia mengaku berusaha menyelamatkan sampah-sampah yang sudah ia pungut, namun tidak ada yang bisa dia selamatkan.

“Habis semua. Saya mau menyelamatkan sampahnya tapi apa boleh buat api cepat sekali membesar dan angina bertiup kencang sehingga lebih memilih menyelamatkan diri. Padahal sampah-sampah itu sudah mau ditimbang untuk membayar uang arisan,” jelas Unna.

2. Sapi Ikut Terpanggang

Asap yang ditimbulkan kebakaran TPA sampah di Antang mengganggu warga sekitar/Echa Panrita Lopi

Kebakaran TPA sampah di Kelurahan Tamangngapa kota Makassar turut memakan korban yakni sejumlah sapi ikut terpanggang. Saat kejadian puluhan ekor sapi sedang mencari makanan di TPA tersebut namun ada yang terperangkap di dalam kobaran api hingga terpanggang.

Crew redaksi terkini.id juga ikut menyaksikan beberapa ekor sapi menyelamatkan diri dan ada yang mencoba menerobos kobaran api hinga tidak bisa diselamatkan oleh pemiliknya. Hingga memasuki hari ketiga beberapa ekor sapi masih tampak di TPA yang masih mengeluarkan asap dan percikan api itu.

3. Ratusan Personil Damkar Diturunkan

Damkar/ Echa Panrita Lopi

Dinas Pemadam Kebakaran kota Makassar menurunkan 75 personel di hari pertama, dan 30 personel di hari ke dua. Dinas Pemadam Kebakaran juga mengerahkan 14 unit water suplay yang bolak balik ke sumber air IPA Nipa – Nipa, 4 armada penembak ditempatkan di 4 titik, dan 1 armada pengisap ditempatkan di sumber air Nipa – Nipa untuk memadamkan api.

4. Petugas Terus Berjibaku Padamkan Api

Petugas Terus Berjibaku Padamkan Api/Echa Panrita Lopi

Petugas pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar masih terus berjibaku 24 jam untuk memadamkan api di tumpukan sampah tersebut. Karena angin yang terus tertiup kencang dan kondisi sampah yang mengering sehingga mudan terbakar. Mobil tangki pun silih berganti saling bersahutan memasuki area TPA Antang Makassar.

5. Beberapa Relawan Tampak di TPA Antang

Beberapa Relawan Tampak di TPA Antang/ Echa Panrita Lopi

Sejak kebakaran terjadi tampak sejumlah relawan mulai turun ke lokasi kejadian. Diantara mereka ada yang membagi-bagi masker, makanan hingga obat kepada warga.

6. Jadi Tontonan hingga Berburu Foto

Jadi Tontonan hingga Berburu Foto/ Echa Panrita Lopi

Sejak kebakaran terjadi banyak warga atau pengunjung datang menonton bahkan pewarta menjadikan lokasi kebakaran TPA sampah Antang ini untuk berburu foto. Hal itu tampak saat sore hari, area TPA sudah ramai dikunjungi fotografer.

7. Pemasangan Alat Pendeteksi Udara

DLH pasang alat pendeteksi udara di lokasi kebakaran di TPA Antang/ Echa Panrita Lopi

UPTB Laboratorium Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan memasang dua unit alat pendeteksi kondisi udara selama 24 jam di TPA sampah Antang sejak 16 September 2019 malam.

8. Anak Sekolah di TPA Antang Diliburkan

Jerebu atau kabut asap menyelimuti pemukiman warga di Kecamatan Manggala, Makassar. Jarak pandang pengendara juga sangat terbatas, akibat tebalnya asap
Jerebu atau kabut asap menyelimuti pemukiman warga di Kecamatan Manggala, Makassar. Jarak pandang pengendara juga sangat terbatas, akibat tebalnya asap

Sebagai bentuk penanganan dampak kebakaran TPA Antang berupa asap, Dinas Kesehatan telah membagi – bagikan masker. Sementara Dinas Pendidikan Kota Makassar meliburkan siswa di SD Kompleks Borong Jambu 1, 2, dan 3, Kelurahan Tamangngapa Kecamatan Manggala Kota Makassar.

9. Kabut Asap Kepung Makassar

Kabut Asap Kepung Makassar

Saat pagi asap akibat kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Antang Kelurahan Tamangngapa Kecataman Manggala Kota Makassar menyelimuti sejumlah pemukiman dan ruas jalan di kota Makassar. Warga banyak merasa terganggu pernapasannya akibat dari asap kebakaran TPA Antang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini