Masuk

Ade Armando Sebut Pangkal Masalah Tragedi Kanjuruhan adalah Supporter Arema yang Sok Jagoan

Komentar

Terkini.id, JakartaDosen Universitas Indonesia Ade Armando menyebut pangkal masalah tragedi Kanjuruhan adalah supporter Arema yang sok jagoan, Rabu 5 Oktober 2022.

“Sekali lagi, marilah kita bersikap objektif. Yang jadi pangkal masalah adalah supporter Arema yang sok jagoan melanggar semua peraturan dalam stadion dengan gaya preman masuk ke lapangan, petentengan,” ucap Ade.

Dia juga mengatakan polisi telah melaksanakan kewajibannya dalam pengamanan untuk mengusir supporter yang masuk di lapangan. 

Baca Juga: Ade Armando Prediksi Anies Baswedan Akan Libatkan Politisasi Islam di Pilpres 2024

“Dalam pandangan saya, polisi sudah melaksanakan kewajibannya,” kata Ade dilihat terkini.id dalam kanal YouTube Cokro TV yang diunggah pada 3 Oktober 2022.

Ade juga menilai ada pihak-pihak yang ingin menyalahkan polisi dalam tragedi Kanjuruhan. Dia salah satunya membahas soal keterangan dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) terkait penggunaan kekuatan berlebihan alias excessive use force dengan gas air mata.

“Sebagian pihak menyatakan, bahwa FIFA jelas melarang penggunaan gas air mata dalam stadion. Pertanyaannya apakah polisi Indonesia berada di bawah FIFA?” Tanya Ade.

Baca Juga: Ade Armando Sebut Kubu Anies Memang Memalukan dan Mempermalukan Anies, Ada Apa?

Dia merasa penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi sudah sesuai aturan untuk mengamankan situasi saat itu.

“Ketika polisi menggunakan gas air mata, itu adalah tindakan sesuai protap. Ketika mereka harus mengendalikan kerusuhan yang mengancam jiwa,” pungkasnya.

Ade juga menilai polisi telah melaksanakan kewajibannya, mulai dari meminta jam pertandingan dilakukan lebih awal hingga pembatasan penonton sesuai dengan kapasitas stadion.

Tetapi, kata Ade ada pihak panitia pertandingan dengan nakal menjual tiket melebihi kapasitas stadion yang sudah ditetapkan.