Masuk

Airlangga Harap Implementasi IKCEPA Terlaksana Januari 2023, Perkuat Kerja Sama Indonesia-Korsel

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Dengan prinsip-prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan,  kerja sama ekonomi Indonesia dan Korea Selatan terus dilakukan penguatan agar tetap signifikan di masa depan dengan potensi peningkatan lebih lanjut. 

Kedua negara juga telah berhasil menyelesaikan ratifikasi Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IKCEPA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Agreement.

Perjanjian IKCEPA yang telah diratifikasi oleh kedua negara semakin mempererat hubungan bilateral terutama di bidang kerjasama ekonomi, perdagangan, dan investasi. 

Baca Juga: Puan Ucapkan Sehat Terus ke SBY, Begini Komentar AHY

“Saya berharap implementasi perjanjian IKCEPA ini dapat dilakukan pada Januari 2023,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa 4 Oktober 2022.

Menko Airlangga juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Korea Selatan dan rakyat Republik Korea Selatan atas peringatan Hari Kelahiran Bangsa Korea. Korean National Foundation Day (Gaecheonjeol) atau Hari Kelahiran Bangsa Korea merupakan hari libur resmi di Korea Selatan yang diperingati setiap tanggal 3 Oktober. Gaecheonjeol ini diperingati untuk merayakan pendirian kerajaan pertama Korea yang bernama Gojoseon.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan keyakinan saya bahwa ikatan hubungan dan kerja sama antara Republik Indonesia  dan Republik Korea akan semakin kuat dan erat sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat kedua negara,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga: Menkes Sebut Subvarian XXB Dominasi Kasus Covid-19 di Indonesia Sejak Tiga Minggu Terakhir

Senada dengan Menko Airlangga, dalam kesempatan tersebut Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung juga melihat persahabatan dan kemitraan Indonesia dan Korea sungguh semakin kokoh. “Merupakan kehormatan bagi saya karena dapat menyaksikan kemajuan substansial dalam diplomasi, pertahanan, ekonomi, budaya, dan hubungan antar masyarakat, khususnya selama periode pemerintahan Presiden Joko Widodo,” ujar Duta Besar Park Tae-sung.

Duta Besar Park Tae-sung mengungkapkan bahwa hubungan bilateral korea dan Indonesia telah ditingkatkan menjadi Special Strategic Partnership, khususnya dalam kemitraan strategis di bidang kendaraan listrik dan baterai yang merupakan “showcase” untuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Eratnya hubungan bilateral kedua negara juga ditandai dengan adanya forum Joint Committee on Economic Cooperation (JCEC). Pertemuan ini rutin menggelar pertemuan baik di tingkat menteri maupun pejabat senior. Dalam forum JCEC RI-ROK yang dipimpin Menko Perekonomian RI dan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan, membahas dan menyepakati kerja sama dalam berbagai bidang yang terefleksikan dalam empat Working Group yaitu investasi dan perdagangan, industri, energi dan sumber daya mineral, serta e-commerce.

Dari sisi hubungan ekonomi bilateral, total perdagangan Indonesia-Korea pada tahun 2021 sebesar USD18,4 miliar atau mengalami kenaikan 37,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Republik Korea juga menduduki peringkat

Baca Juga: Elektabilitas Airlangga Hartarto Melejit di KIB, Berpeluang jadi Capres?

ke-7 sebagai investor terbesar Indonesia pada tahun 2021 dengan total FDI senilai sekitar USD1,6 miliar. (dep7/map/fsr)

**

 

 

######

Terkini.id, Makassar – Phinisi Point hadir di bulan Oktober dengan tema OKTOBERKARYA yang akan menghadirkan karya-karya baru dan tentunya program baru yang menarik untuk sahabat PIPO.

Phinisi Point Makassar menghadirkan banyak event dan promo tenant yang menarik untuk Sahabat PIPO. Di awal  Oktober Phinisi Point Makassar menghadirkan CHRONOTOPIA BY LV Projects (28 Sept – 02 Oktober 2022), Kejurnas Slalom (1 Oktober), Today Tomorrow Thrift Market ( 1 – 9 Oktober), MTF Market (5 – 9 Oktober), dan Komunitas Motor (9 Oktober).

Pada minggu kedua Phinisi Point Makassar menghadirkan Animal Land by Lv.Project (12 – 15 Oktober), Mice Expo Apple Tree (15 – 16 Oktober) dan Festival Sahabat Tri (15 Oktober). Pada minggu ketiga Sahabat PIPO bisa menyaksikan  kemeriahan Pameran UMKM Pemprov Jawa Tengah (21 – 23 Oktober).

 Kemeriahan di bulan Oktober ditutup dengan Mafela (21 – 30 Oktober), Midtown (26 – 30 Oktober), FKIJK Dance Competition (29 – 30 Oktober).

Selain event yang keren dan menarik perhatian Sahabat PIPO, Phinisi Point juga menghadirkan beberapa promo tenant yang pastinya tidak kalah menarik  yang akan membuat Sahabat PIPO selalu berkunjung ke Phinisi Point Makassar.

Untuk promo tenant di bulan Oktober yaitu promo Cinépolis khusus weekdays 25k, p romo Anna Wijaya Dental Care, beragam produk terbaru dari Kosme Care, CREMATOLOGY discount 20%, Dcrepes khusus menu Chicken Katsu only 25k, DHT x Kopi Ujung, menu Creamy Delight di Sharetea, Cerita Roti x Kopi Kenangan, dan yang terbaru Sahabat PIPO juga bisa mengunjungi tenant Che.Soesan Photography untuk berfoto dengan konsep Newborn Photo,Kids Photo, Mom & Baby Photo, Family Photo & Self Photo. Selain itu ada tenant bilyard untuk Sahabat PIPO  yang suka olahraga atau ingin mencoba bermain bilyard langsung saja ke lt.2 Mall Phinisi Point Makassar.

Willem Andry selaku General Manager Phinisi Point, berharap dengan adanya berbagai event dan promo tenant di bulan Oktober ini dapat membuat Mall PIPO menjadi mall terdepan yang dapat  bersaing dengan mall lain dan membuat pengunjung selalu kembali untuk mengunjungi Mall Phinisi Point bersama keluarga.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Mall Phinisi Point Makassar, Sahabat PIPO dapat berkunjung ke web www.phinisipoint.com, Instagram dan Facebook @phinisipoint, atau di nomor WhatsApp 08114008899.