Akibat Kemarau, Sumber Air Baku Perumda Air Minum Makassar Alami Kekeringan

Akibat musim kemarau, sumber air baku milik Perumda Air Minum Kota Makassar mengalami kekeringan

Terkini.id, Makassar – Akibat musim kemarau, sumber air baku milik Perumda Air Minum Kota Makassar mengalami kekeringan.

Humas Perumda Air Minum Kota Makassar, Rusli mengatakan, saat ini, lebih dari 50 ribu pelanggan terdampak kesulitan air bersih.

Hal itu tersebar di timur dan utara kota yang meliputi 5 kecamatan, seperti Kecamatan Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea, Biringkanaya dan sebagian Kecamatan Panakkukang.

“Jadi memang sudah ada keluhan yang masuk terkait distribusi air bersih yang turun drastis,” kata Rusli, Jumat, 18 September 2020.

Rusli memaparkan distribusi air baku turun drastis hingga 80 persen selama musim kemarau. Sumber air baku yang kekeringan terjadi di Sungai Lekkopancing, Kabupaten Maros.

Menarik untuk Anda:

“Distribusi menurun signifikan jauh diambang normal. biasanya 500 liter per detik, sekarang hanya 115 liter per detik,” jelasnya.

Upaya Perumda Air Minum mengatasi krisis air bersih dengan mengoperasikan 2 unit pompa untuk menaikkan pasokan persediaan air baku.

Hanya saja, belum maksimal sebab bila penyedotan dilakukan secara terus-menerus maka kadar air akan menjadi garam.

“Sebanyak 2 unit pompa yang dioperasikan untuk menambah debit air di sumber air baku. Tapi terkendala karena kadar air yang garam sehingga tidak bisa diproduksi,” tambahnya.

Sementara, Direktur teknik Perumda Imran Adnan mengaku pihaknya berusaha untuk mencari altrernatif sumber air baku untuk membantu kesulitan air di wilayah tersebut.

Seperti Sungai Moncongloe dan Intake Malengkeri. Namun, ia mengatakan peningkatan tingkat kadar garam yang tiba-tiba di atas ambang batas membuat air tidak bisa diolah sebagai air baku.

“Pada kondisi tertentu penyedotan air baku harus di-stop untuk tetap menjaga kualitas air minum kepada pelanggan-pelanggan kita,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan Perumda tetap menyiagakan 8 unit armada mobil tangki untuk menyuplai sejumlah daerah yang terkena imbas kekeringan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Soal Dugaan Politisasi PKH, Fatma: Tungguma’

Keberpihakan Perempuan Makin Nyata Ke Fatmawati Rusdi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar