Makassar Terkini
Masuk

Amanat Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022

Terkini.id, Jakarta – Pada hari ini Rabu, 1 Juni 2022 Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dan menyampaikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila Ende, NTT.

Kota Ende dipilih karena merupakan kota bersejarah dimana Presiden Soekarno merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Sebagai instruktur upacara, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama – sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, tutur Presiden seperti dilansir dari kompas.com.

Pancasila adalah pemersatu bangsa dan telah terbukti menjadi penuntun dalam menghadapi berbagai persoalan di Indonesia.

“Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sebab kita sepakat berdasarkan kepada Pancasila,” lanjut Presiden Jokowi.

Penerapan Pancasila dalam tata pemerintahan juga tidak luput dari perhatian Pak Jokowi. Beliau menyampaikan,” Saya selalu ingatkan kita harus selalu betul – betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.”

Adapun petugas upacara lainnya adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi sebagai Komandan Upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca naskah Pancasila, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick sebagai pembaca naskah UUD 1945 serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 ini juga disiarkan secara online pada kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Tampak beberapa pejabat mengikuti upacara secara virtual, sebut saja Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno.