AMCF Gelar Daurah Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Dosen Ma’had Wilayah Indonesia Timur di Makassar

AMCF Gelar Daurah Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di Unismuh Makassar

Terkini.id, Makassar – Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) kembali menggelar Daurah Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Dosen Ma’had Wilayah Indonesia Timur di Univesitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, jalan Sultan Alauddin nomor 259.

Daurah Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab ini telah rutin dilaksanakan setiap awal semester yang diperuntukkan bagi dosen baru.

“Pada tahun 2019 ini, AMCF menggelar pelatihan di dua kota besar di Indonesia yaitu di wilayah Indonesia Barat yang akan di laksanakan di Jakarta dan wilayah Timur dilaksanakan di Makassar, tepatnya di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar ini,” ujar Koordinator Pendidikan AMCF, Nuwril Al Khiyari dalam pembukaan kegiatan Daurah, Selasa, 17 September 2019.

Direktur AMCF, Ahmad Faisal Siregar, SE dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari daurah tersebut, sebagai bekal dan orientasi awal bagi tenaga pengajar ma’had untuk mempersiapkan diri seoptimal mungkin  dalam memahami metodologi pengajaran  Bahasa Arab  yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran yang digunakan di mahad-mahad binaan AMCF di seluruh Indonesia.

“Daurah kali ini dikemas secara menyenangkan yaitu perpaduan antara teori dan praktik mengajar dengan menekankan lebih banyak praktek daripada teori karena 21 peserta daurah pada umumnya telah memiliki pengalaman mengajar tinggal memerlukan pemantapan agar lebih trampil dan mumpuni sebelum dikirim mengajar di beberapa ma’had binaan AMCF di Indonesia,” terang Ahmad Faisal.

“Belajarlah untuk menjadi guru yang selalu dikenang murid,” tambahnya.

Peserta Pelatihan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab

Direktur Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, H Lukman Abd Shamad mengharapkan output dari daurah itu, para dosen mampu  menciptakan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga mahasiswa dapat menikmati proses pembelajarannya di kelas dengan semangat dan motivasi yang tinggi.

“Bagaimana proses pembelajaran akan menyenangkan bila dosen pengajarnya tidak menyenangkan,” Kata Lukman Abd Shamad.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan daurah ini, agar selalu ada inovasi dan kreativitas baru yang dihadirkan oleh para dosen dalam proses pembelajaran yang mampu mengatasi rasa bosan dan jenuh mahasiswa dalam belajar. Dampak dari proses pembelajaran yang tidak menyenangkan akan mempengaruhi tingkat drop out yang  tinggi pada setiap semester.

Administrator Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar, Dr Muh Ali Bakri, MPd pada akhir acara pembukaan daurah ini menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Direktur AMCF, Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar dan Koordinator Pendidikan AMCF yang telah mempercayakan kepada Ma’had Al-Birr Makassar sebagai tuan rumah penyelengaraan daurah tersebut.

Ma’had Al-Birr akan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta dengan menghadirkan Trainer Nasional bidang metodologi pengajaran Bahasa Arab diantaranya: Dr M Ilham Muchtar, Lc, MA dan Ahmad Munawir, Lc, MA.

Sekadar diketahui, daurah metodologi pembelajaran Bahasa Arab ini akan dilaksanakan hingga 19 September.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja