Masuk

Anggaran Negara Rp2,5 T untuk MotoGP Mandalika Dinyinyiri, Chusnul: Hambalang Rp2,5 T Mangkrak dan Stadion Anies Rp4,5 T Kadrun Diam

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Netizen di media sosial menyoroti anggaran negara yang diketahui digunakan untuk menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Anggaran sebesar Rp2,5 Triliun untuk menyukseskan MotoGP Mandalika sebelumnya diungkap Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengungkapkan, tanpa andil kucuran duit negara, ajang balapan kelas dunia itu bakal sulit terselenggara. Alokasi terbesar disalurkan melalui skema penyertaan modal negara (PMN) BUMN.

Baca Juga: Mantan Komisioner KPK, Bambang Sebut Perpu Cipta Kerja Sebagai Perilaku Koruptif Kekuasaan

Tak tanggung-tanggung dalam menyukseskan perhelatan tersebut, pemerintah telah mengalokasikan dana kepada PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) senilai Rp 1,3 triliun.

Selain melalui suntikan modal ke perusahaan negara, dana besar APBN juga mengalir melalui anggaran kementerian dan lembaga (K/L) yang terlibat langsung dalam menyukseskan MotoGP.

“Uangkita (APBN) turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui PMN dan dukungan kepada K/L terkait, insentif PPN dan insentif bea masuk dan pajak impor. Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini,” kata Sri Mulyani seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Sabtu 19 Maret 2022.

Baca Juga: Puan Ucapkan Sehat Terus ke SBY, Begini Komentar AHY

Rinciannya, selain alokasi PMN ke BUMN, APBN juga dipakai di Mandalika melalui penganggaran kementerian dan lembaga sebesar Rp 1,18 triliun. Lalu Insentif PPN atas Jasa Kena Pajak Rp 240,73 miliar, dan Insentif Bea Masuk dan Pajak Impor Rp 10,41 miliar.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut, MotoGP bisa jadi kebanggaan Indonesia. Terlebih, di Tanah Air sendiri cukup banyak para pecinta olahraga balap motor.

“Akhir pekan ini, sirkuit Mandalika Lombok menggelar seri kedua MotoGP 2022. Penggemar MotoGP pasti sangat menantikan momen ini. Siapa rider andalanmu? 25 tahun menunggu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah rangkaian balap MotoGP. Bangga!” ucap Sri Mulyani.

Ia juga berujar, penyelenggaraan MotoGP juga ikut berkontribusi jadi lokomotif penggerak ekonomi di Lombok dan sekitarnya. Kunjungan turis juga diperkirakan akan meningkat.

Baca Juga: Top Banget! Pebalap Binaan Astra Honda Racing Team Sapu Bersih Podium Tertinggi IATC Mandalika

“Berkat terselenggaranya acara ini pula, kegiatan perekonomian penduduk sekitar turut berkembang. Bahkan para pembalap ikut memeriahkan acara dengan menggunakan atribut khas Indonesia, seperti topi caping. Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara,” tutur Sri Mulyani.

“Semoga euphoria ini bisa berdampak positif untuk masyarakat Lombok dan dunia semakin mengenal Indonesia. Selamat menonton Pertamina Grand Prix of Indonesia. Kita nantikan bersama siapa pemenang seri kali ini. Apakah rider andalanmu?” sambungnya.

Di media sosial, banyak netizen yang menyoroti tingginya anggaran negara untuk membiayai perhelatan besar tersebut. Sebagian menyetarakannya dengan anggaran beasiswa untuk 200.000 mahasiswa.

Namun, influencer Chusnul Chotimah menjawab, orang yang menyoroti anggaran tersebut adalah kadrun yang diam terhadap anggaran besar untuk pembangunan Hambalang hingga Stadion DKI Jakarta.

“MotoGP Mandalika membuat mata dunia tertuju pada Indonesia, dinyinyirin Kadrun hanya karena berita 2,5 T Mandalika, Setara Beasiswa 200rb Mahasiswa.

Lalu Hambalang 2,5 T hasilnya cuma mangkrak dan Anies bangun stadion 4,5 T, kadrun diam, mereka malah menjiIat Cikeas dan Anies.
S4mpah,” tulis Chusnul.