Masuk

APBN Akan Digunakan Untuk Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pemerintah mengumumkan akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembagian BLT minyak goreng.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiharso memberikan keterangannya kepada CNN Indonesia, Selasa 5 April 2022.  

“Anggarannya dari APBN,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiharso.

Baca Juga: Rencana Pensiun PNS Dapat Rp 1 Milliar

Dikutip dari halaman CNN Indonesia, Selasa 5 April 2022, pemerintah akan memberikan BLT terhitung sejak April hingga Mei sebesar Rp100 ribu per bulan.

BLT akan diberikan dengan jumlah Rp300 ribu kepada 20,5 juta keluarga miskin Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan serupa juga akan diberikan kepada 2,5 juta pedagang gorengan. 

Baca Juga: Jual Minyak Goreng Fiktif, Mahasiswi Berhasil Tipu Ratusan Orang

“Untuk meringankan beban masyarakat pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ungkap Jokowi dalam konferensi pers, Jumat 1 April 2022.

Oke Nurwan selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa BLT merupakan bentuk skema dari pemerintah untuk menolong serta meringankan beban masyarakat karena kenaikan minyak goreng.

Disisi lain Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tidak menyetujui program BLT tersebut. Menurut KSPI program BLT minyak goreng tidak akan menyelesaikan akar permasalahan yang sebenarnya, yaitu tingginya harga dan kelangkaan komoditas tersebut.

Said Iqbal selaku Presiden KSPI menjelaskan bahwa sebenarnya yang dibutuhkan oleh warga negara Indonesia khususnya kelas menengah ke bawah termasuk pedagang gorengan adalah subsidi minyak goreng kemasan.

Baca Juga: Pemilik e-Warung di Jeneponto Protes Penyaluran BPNT Disalurkan lewat Agen BRI-link

Hal tersebut dikarenakan subsidi minyak goreng curah seringkali disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengoplos minyak curah ke dalam minyak kemasan sehingga harga jualnya mengalami kenaikan.