Masuk

Ribuan PNS di Sulsel Terima PKH, Terancam Kena Sanksi Pengembalian

Komentar

Terkini.id – Ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga menerima Bantuan Sosial (Bansos) baik program keluarga harapan (PKH) maupun bantuan pangan non tunai (BPNT). 

Hal itu terungkap pada rapat kerja Komisi E DPRD Sulsel bersama mitra kerjanya Dinas Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa 23 November 2021.

“Belum diketahui secara pasti datanya, tapi diperkirakan sekitar seribu lebih,” ungkap Kepala Dinsos Sulsel, Irawan Bintang.

Baca Juga: Ketua Komisi E DPRD Sulsel Harap KONI Maksimalkan Pembinaan Atlet Hadapi Pra PON 2023

Menurutnya, PNS tidak layak menerima bantuan sosial baik PKH maupun BPNT. Maka untuk memastikan angka tersebut, kata Irawan Bintang, pihaknya akanenyelidiki dengan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Jadi nanti kami dengan BKD bekerjasama untuk mengecek, kita bisa dapat datanya NIK-nya, namanya dan di instansi mana dia bertugas,” ujar Irawan.

Selain itu, PNS yang menerima bantuan sosial baik PHK atau BPNT terancam bakal dikenakan sanksi pengembalian sesuai dengan berapa kali menerima bantuan tersebut.

Baca Juga: RPG Akan Gelar Turnamen Mobile Legends di Makassar, Total Hadiah 17 Juta

“Sanksinya paling berat pengembalian,” ujarnya.