Apresiasi Pelaku UMKM, Pertamina Berbagi Kiat Sukses di Kemilau Ramadan

Pertamina berbagi liat sukses di era revolusi industri

Terkini.id,Makassar  – Rangkaian Kegiatan Kemilau Ramadan bersama Brightgas yang diselenggarakan PT PERTAMINA ( Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII di Area Parkir Gedung Mulo Makassar.

Kegiatan ini telah memasuki  minggu ketiga dan direncanakan akan tetap berlangsung sampai dengan tanggal 2 Juni 2019 mendatang.

Sedikitnya terdapat 56 pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang turut serta meramaikan area pasar Ramadhan ini menunjukkan pertumbuhan UMKM, khususnya di bidang kuliner yang terus meningkat setiap tahunnya.

Namun, dari sebagian besar pelaku UMKM tersebut masih menggunakan pola pemasaran konvensional, promosi dari mulut ke mulut dan toko atau gerai offline.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan menyampaikan, saat ini pertumbuhan UMKM sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.

“Di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir pertumbuhan ekonomi mencapai sekitar 5,4%, dan Provinsi Sulawesi Selatan tumbuh 7,2%,” ujarnya.

Sementara di Kota Makassar kata Hatim yaiti pertumbuhannya mencapai 5,4%, ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan para pelaku UMKM yang hadir di sini.

Sebagai bentuk rangkaian dari Kemilau Ramadan bersama Brightgas adalah menggelar  Talkshow yang bertemakan ‘Kiat Sukses Usaha Kuliner dengan Marketing 4.0’ yang dilaksanakan pada hari Sabtu.

Dijelaskan pula bahwa talkshow ini sebagai salah satu bentuk apresiasi dari Pertamina kepada pelaku UMKM dan pengunjung yang hadir pada pasar ramadan.

“Ini bsebagai inspirasi dan wawasan  baru untuk mereka yang berkecimpung di bidang kuliner.

Salah satu peserta Kemilau Ramadan, Rosiyanti, Spd, founder dari Rumah Makan dan Catering Bu Dedeh berhasil meningkatkan omzet usahanya sebesar 118% dengan mengoptimalkan saluran di salah satu e-commerce dalam mengembangkan usahanya menjadi salah satu narasumber dalam talkshow ini.

“Kesempatan untuk berbagi tips kepada sesama pelaku UMKM bidang kuliner akan memberikan manfaat bagi pengembangan usaha rekan-rekan seprofesi dan berujung pada semakin beragamnya jenis usaha kuliner di Kota Makassar ke depannya,” ujar Rosi.

Bukan itu saja tetapi juga akan hadir sebagai narasumber perwakilan dari pelaku UMKM Milenial yang sukses dengan usaha kulinernya di Kota Makassar.

“Semangat untuk hijrah meraih berkah dalam konteks meningkatkan omzet usaha dengan strategi pemasaran yang dibagikan dalam talkshow Kemilau Ramadan bersama Brightgas ini, semoga dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM dan pengunjung yang hadir pada sore ini,” tutup Hatim

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Bupati Gowa Jadi Irup Peringatan HUT PMI ke-74

Terkini.id,Gowa - Bupati Gowa yanh sekaligus sebagai Ketua terpilih PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Apel Bersama Jajaran Polres