Anda Backpacker? Ini 5 Tempat Wisata di Kediri yang Direkomendasikan

Air Terjun Irenggolo Kediri. Sumber : lelungan.net

Terkini.id, – Liburan tidak harus menghabiskan banyak biaya; Anda bisa menjadi backpacker untuk mengurangi pengeluaran dengan mengunjungi destinasi tertentu. Nah, salah satu destinasi yang menawarkan tempat wisata murah adalah Kediri. Meski murah, panorama wisata di Kediri terbilang menawan.

Berikut ini tempat wisata murah untuk para backpacker yang direkomendasikan. Simak ulasannya.

1. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo, Kediri. Sumber : tempat.me

Air Terjun Dolo merupakan salah satu wahana wisata yang berada di kawasan Besuki. Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis. Untuk menuju ke sana, Anda harus menyusuri hutan dan jalan cukup terjal. Meski begitu, tempat ini mudah dicapai dengan berjalan kaki.

Terletak di lereng yang ketinggiannya mencapai 1.800 Mdpl, Air Terjun Dolo kerap diselimuti kabut tebal. Namun, sesekali nuansa asri terlihat di kawasan ini saat cuaca cerah. Gemuruh air dan hawa sejuk pun menjadi dua hal identik di area Air Terjun Dolo.

Tinggi Air Terjun Dolo sekitar 125 meter. Curug ini membentuk undakan dengan puncak curahan air mencapai 90 meter. Sementara undakan lainnya memiliki ketinggian antara 2—5 meter.

2. Air Terjun Irenggolo
Tak jauh dari Air Terjun Dolo, Anda akan menemukan Air Terjun Irenggolo. Lokasi curug ini berada di ketinggian 1.200 Mdpl. Tinggi air terjun yang mengalir melalui tebing sekitar 80 meter.

Panorama di Irenggolo hampir sama dengan Air Terjun Dolo, yakni debit air deras membentuk undakan di bebatuan. Bedanya, di bawah Air Terjun Irenggolo terdapat kolam alami. Tempat ini cukup aman untuk berenang atau sekadar bermain air.

3. Candi Surowono Kediri

Candi Surowono Pare Kediri. Sumber : kunjungimynews

Kerajaan Majapahit meninggalkan banyak jejak melalui bangunan kuno, salah satunya Candi Surowono Kediri. Ukuran candi ini tergolong kecil. Meski begitu, dinding candi dilengkapi relief unik dan artistik.

Menurut pakar sejarah, Candi Surowono didirikan pada tahun 1390 M. Awalnya, candi tersebut dijadikan tempat melakukan darma bagi Wijayarajasa maupun Bhre Wengker. Kini, Candi Surowono disulap menjadi kawasan wisata yang sarat sejarah.

Sejarah itu tecermin dari batuan di pelataran candi. Balok-balok beton dan taman ikut menghiasi peninggalan masa kerajaan yang berumur 600-an tahun tersebut. Di sisi lain, terdapat sebuah arca berwajah rusak dengan empat tangan. Tidak ketinggalan, ada juga arca Resi Agastya berbadan tegak, hiasan telinga pendek, dan berwajah utuh.

4. Konto River Rafting
Apakah Anda menyukai tantangan? Kalau iya, Konto River Rafting merupakan tempat terbaik untuk liburan Anda di akhir pekan ini. Lokasi Konto River Rafting tepat di aliran Sungai Konto, Kediri. Kawasan tersebut mulai dibuka sebagai area arung jeram sejak tahun 2011.

Panjang spot arung jeram sekitar 12 kilometer. Anda akan melintasi 11 jeram selama kurang lebih 2 jam. Soal keselamatan, tenang saja; pengelola arung jeram sudah menyiapkan pelampung dan pemandu untuk menemani aktivitas Anda.

5. Puncak Gunung Maskumambang
Berada di tengah perbukitan, Gunung Maskumambang menawarkan panorama indah dan hawa sejuk. Pepohonan berdaun lebat juga tumbuh di wilayah gunung ini. Dari sini pun Anda bisa melihat pemandangan Gunung Wilis nan menawan.

Trek menuju ke puncak Maskumambang cukup mudah. Pasalnya, sudah ada anak tangga yang menjadi pijakan di jalur pendakian bagian barat. Anda bisa mencapai puncak dalam waktu kurang dari 2 jam.

Itulah beberapa referensi tempat wisata murah untuk backpacker. Untuk kebutuhan akomodasi, Anda bisa mencari hotel di Kediri. Supaya lebih cepat dan mudah mendapatkan rekomendasi penginapan murah, silakan booking hotel online melalui Airy.

Anda bisa memperoleh tujuh fasilitas unggulan jika memilih opsi hotel dari web tersebut. Fasilitas tersebut, antara lain WiFi, AC, perlengkapan mandi gratis, dan tempat tidur nyaman.

Berita Terkait