Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Pulau Beras Basah (sumber : timesindonesia.co.id)
Pulau Beras Basah (sumber : timesindonesia.co.id)

Terkini.id, Samarinda – Menyandang status sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda merupakan kota terpadat di Pulau Kalimantan. Selain terkenal dengan kain tenun motif kotak-kotaknya, Samarinda juga menyimpan pesona wisata alam yang memukau. Dengan pilihan hotel di Samarinda yang semakin beragam, kota ini sangat menarik untuk dijadikan tujuan liburan Anda selanjutnya.

Meski sebagian di antaranya tak sepopuler destinasi-destinasi lain di Indonesia, berikut 5 objek wisata alam ciamik milik Samarinda yang tak boleh dilewatkan saat Anda berlibur ke sini.

  1. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah (sumber : google.com/maps)

Beralamat di  Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, Air Terjun Tanah Merah sangat mudah dijangkau. Berjarak 14 kilometer dari pusat kota Samarinda, Anda bisa naik angkot jurusan Pasar Segiri-Sungai Siring untuk bisa sampai ke sini.

Menarik untuk Anda:

Air terjun yang memiliki tinggi 15 meter ini berada di lahan gambut dan membuatnya memiliki keunikan yakni airnya yang berubah kemerahan di bagian bawah. Anda bisa berbasah-basahan sembari menikmati keindahan panorama di sekitar atau duduk santai di gazebo sembari bersantap di warung-warung yang berada di lokasi wisata.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau
  2. Taman Rekreasi Lembah Hijau (sumber : tempatwisatanegeri.com)

Meskipun berkonsep sebagai taman rekreasi sekaligus lokasi outbond, Lembah Hijau juga menawarkan pemandangan alam Samarinda yang tak kalah ciamik. Berada di jalur Samarinda-Bontang Kilometer 15, destinasi ini kerap menjadi pilihan wisata keluarga karena fasilitas yang tersedia di dalamnya. Anda bisa berkemah di camping ground, memacu adrenalin dengan naik flying fox hingga memancing atau sekadar bersantai di kafetaria.

  1. Pulau Beras Basah

Untuk Anda yang ingin menyepi sejenak dari ramainya perkotaan, silakan mampir ke Pulau Beras Basah. Dapat dijangkau dengan menempuh 3 jam perjalanan dari pusat kota Samarinda, tempat wisata ini benar-benar layak Anda masukkan ke dalam daftar itinerary. Sesampai di lokasi Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang berpadu dengan air lautnya yang jernih kebiruan. sekadar bersantai atau melakukan aktivitas outdoor lainnya akan membuat liburan semakin berkesan.

Pulau ini masih benar-benar alami dan tidak berpenghuni. Jika berniat menginap, Anda bisa memilih salah satu akomodasi yang tersedia di Kota Bontang.

4. Kebun Raya Unmul

Kebun Raya Unmul (sumber : holyday.blogspot.com)

Kebun Raya Unmul adalah destinasi wisata Samarinda yang dimiliki dan dikelola oleh Universitas Mulawarman. Anda bisa sampai ke sana dengan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Di dalam komplek kebun raya, Anda akan menemukan sebuah danau besar dengan banyak sepeda air yang disewakan. Kalau sempat, jangan lupa sekalian singgah melihat koleksi hewan-hewan di kebun binatang mini dan menyaksikan koleksi beragam jenis kayu di Kalimantan di Museum Kayu yang ada di dalamnya.

  1. Air Terjun Pinang Seribu
Air Terjun Pinang Seribu (sumber : google.com/maps)

Berada di Kelurahan Sempaja Utara, air terjun satu ini juga tak kalah unik dibanding Air Terjun Tanah Merah. Dengan undakan menyerupai anak tangga, Anda bisa naik ke atas. Untuk menghindari debit air yang terlalu deras, sebaiknya hindari berkunjung saat musim hujan.

Setelah mendata lokasi mana saja yang ingin dikunjungi saat berada di Samarinda, saatnya mencari akomodasi yang nyaman. Bersama Airy, Anda bisa melakukan booking hotel online dengan banyak pilihan penginapan dengan berbagai rentang harga. Masing-masing akomodasi juga siap membuat suasana liburan Anda tetap menyenangkan dengan 7 jaminan kenyamanan yang disediakan. Anda juga tidak perlu khawatir karena semua transaksi yang dilakukan lewat Airy dijamin aman dan bebas dari segala bentuk penipuan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dibuka untuk Umum, Pengunjung Destinasi Wisata ini Langsung Membludak

New Normal Tourism, AMPHURI Roadshow ke Sejumlah Destinasi Halal RI

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar