4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

The House of Raminten (sumber : reresepan.com)
The House of Raminten (sumber : reresepan.com)

Terkini.id, Yogyakarta, – Sudah berkeliling di Yogyakarta? Jangan lupa untuk beristirahat dan mencari tempat makan yang ramah muslim. Makan-makan di kota ini bukanlah hal yang sulit, termasuk menikmati makanan halal. Terlebih, Yogyakarta terkenal dengan kulinernya yang lezat dan hemat di kantong.

Ingin tahu lokasinya dan kuliner apa saja yang bisa dinikmati? Berikut adalah rekomendasi tempat wisata kuliner halal di Yogyakarta yang bisa dicoba.

 

1. The House of Raminten

The House of Raminten menjadi salah satu tempat wisata kuliner halal di Yogyakarta. Rumah makan 24 jam ini berlokasi di Jalan Faridan M Noto No. 7, Kotabaru, Gondokusuman. Rasakan nuansa Jawa dari berbagai elemen di restoran ini, seperti interior, perabotan, seragam para pelayan, menu-menu tradisional, dan alunan musik yang diputar.

Menarik untuk Anda:

Menu makanan yang ditawarkan antara lain, yaitu ayam koteka, gajah ndekem, sego kucing, nasi liwet, maheso selo gromo, ayam kelaswara, dan rawon.

Sementara itu, Anda bisa memilih minuman seperti wedang secang, wedang serai, kelapa muda jumbo, susu perawan tancep, dan es dawet. Suasananya yang tenang dan klasik pasti akan membuat Anda betah dan ingin berkunjung kembali.

 

2. Gudeg Bu Hajah Amad

Rumah makan ini terletak di Jalan Kaliurang KM. 4.5, Blok CT3 No. 5, Kocoran, Caturtunggal. Saat awal dirintis pada tahun 1950-an, menu yang ditawarkan masih beragam.

Namun, Bu Amad memangkas menu-menunya karena gudeg memiliki lebih banyak peminat. Gudeg di warung milik Bu Hajah Amad ini terkenal lezat dan harganya terjangkau.

Anda bisa melengkapi seporsi gudeg dengan telur, ayam, tahu, dan ampela. Selain itu, gudeg di warung ini juga agak basah dengan ayam yang empuk dan krecek yang tidak terlalu pedas.

Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, pengunjung boleh memilih untuk mengemas gudeg dalam kendil, dus, atau besek. Uniknya, gudeg bisa bertahan berhari-hari dan dapat dikirim hingga ke mancanegara.

 

3. Sate Ratu

Sate Ratu merupakan rumah makan halal yang digemari masyarakat lokal hingga luar negeri. Menu unggulan di restoran ini adalah satai ayam merah.

Satai ini terbuat dari ayam yang dipotong besar-besar dan dibumbui dengan resep rahasia Sate Ratu. Setelah itu, satai akan dibakar tanpa menyentuh besi pembakaran agar hasilnya empuk dan lezat.

Sate Ratu (sumber : kompasiana.com)

Selain menu tersebut, ada pula lilit basah dan ceker tugel. Lilit basah terinspirasi dari satai lilit khas Bali, tetapi dengan modifikasi sehingga lebih unik.

Menu ini terdiri dari ayam yang dikukus dan disajikan bersama sup, mentimun, dan bawang goreng. Sementara itu, ceker tugel terbuat dari ceker ayam yang dimasak bersama bumbu tradisional Jawa selama 13 jam.

 

4. Pempek Ny. Kamto

Warung pempek ini sangat populer di masyarakat karena kelezatannya yang juara. Pempek Ny. Kamto ini menyajikan beraneka menu pempek, seperti lenggang, lenggang panggang, tekwan, kapal selam, kulit, bulat, dan tahu.

Untuk minuman, Anda bisa memesan es jeruk nipis dan teh panas yang menyegarkan.

Pempek Nyonya Kamto (sumber : makanjogja.com)

Menu unggulan di sini tentunya adalah pempek kapal selam yang porsinya mengenyangkan. Warung ini buka dari jam 09.00 sampai 21.00. Kunjungi Pempek Ny. Kamto di Jalan Affandi Gejayan No. 31, Yogyakarta.

Demikian beberapa tempat wisata kuliner halal di Kota Yogyakarta yang cocok untuk pelancong muslim. Sudah mengisi perut dan tenaga? Saatnya mengembalikan kesegaran tubuh dengan mencari penginapan syariah yang nyaman.

Gunakan layanan Airy Syariah untuk memilih penginapan murah di Jogja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Keindahan Pantai Singku Lowu-Lowu di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Wisata Air Terjun Madakaripura, Destinasi Favorit Warga Jawa Timur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar