Balitbangda Bulukumba Gelar Seminar Pengembangan Tanaman Pekarangan

Balitbangda Bulukumba Gelar Seminar Pengembangan Tanaman Pekarangan

Terkini.id,Bulukumba -Badan Penelitian dan PengembanganDaerah (Balitbangda) Kabupaten Bulukumba menggelar Seminar Akhir  Kajian Pengembangan Tanaman Pekarangan sebagai Penyangga Kebutuhan Rumah Tangga di Aula Kampus Tahira Albaeti Kab. Bulukumba, Selasa 9 Juli 2019.

Kepala Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bulukumba, Muhammad Amral, SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dengan bekerjasama UP2M Akbid Tahirah Al Baeti.

“Kegiatan ini sangat penting. Tujuannya adalah untuk mengetahui inovasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya sayuran dan menemukan inovasi dan teknologi dalam pengelolaan pasca panen dimana keduanya akan menjadi  penyangga kebutuhan pangan dan ekonomi keluarga,” terangnya.

Lanjut, Amral menjelaskan bahwa hasil dari kajian ini dapat menjadi bahan rekomendasi bagi pemerintah daerah agar kedepan Kabupaten Bulukumba menjadi daerah swasembada pangan (find the best word) dan tidak lagi meng-import sayuran dari luar daerah.

“Kita berharap Bulukumba menjadi daerah swasembada pangan (find the best word) dan tidak lagi meng-import sayuran dari luar daerah,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Akbid Tahira Al Baeti, Hj. Andi Asriany, SKM, M.Kes, sebagai pelaksana kajian, mengatakan bahwa masyarakat saat ini belum begitu sadar terhadap pentingya pemanfaatan lahan pekarangan, padahal kalau masyarakat memanfaatkan secara optimal, maka secara otomatis akan mengurangi pengeluaran rumah tangga.

“Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal,” jelasnya.

Dengan Kajian ini, kata dia, pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah mereka karena selama ini mayoritas masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja.

“Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga,” imbuhnya.

Seminar  Akhir Kajian Pengembangan Tanaman Pekarangan Sebagai Penyangga Kebutuhan Rumah Tangga  dihadiri beberapa unsur terkait diantaranya;  Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Hukum Daerah Kabupaten Bulukumba, staf balitbangda dan turut juga hadir salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba A. Baso Zulkarnaen dari Fraksi Demokrat dan beberapa undangan lainnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini