Bapenda Bulukumba Sosialisasikan Alat Perekaman Transaksi Pajak

Sekda Bulukumba menghadiri sosialisasi alat perekam transaksi pajak

Terkini.id,Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan sosialisasi Pajak dan Retribusi kepada pelaku usaha dan OPD yang mengelola pendapatan asli daerah.

Dalam kegiatan ini, Bapenda mensosialisasikan penggunaan alat perekaman transaksi yang digunakan oleh kasir restoran, cafe dan rumah makan.

Menurut Kepala Bapenda Andi Sufardiman, alat perekaman transaksi tersebut disiapkan oleh Bank Sulselbar atas kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba berdasarkan rekomendasi deputi pencegahan korupsi KPK.

Menurutnya, alat tersebut akan memonitor secara realtime transaksi yang dilakukan dan dapat dipantau dimana saja termasuk terkoneksi di kantor Bapenda Bulukumba.

“Alat ini juga sangat bermanfaat bagi pemilik usaha, oleh karena dimana saja dapat memantau pergerakan transaksinya melalui aplikasi smartphonenya, meski ia tidak berada di tempat usahanya,” ungkap Sufardiman.

Alat perekaman transaksi tersebut disiapkan oleh pihak Bank Sulselbar untuk seluruh kabupaten kota di Sulawesi Selatan dan diberikan secara gratis kepada pelaku usaha restoran, cafe, rumah makan dan hotel.

“Namun karena jumlahnya masih terbatas, hanya 12 unit, maka kami hanya memasang dulu di cafe dan restoran, akan menyusul dipasang di hotel-hotel,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Andi Bau Amal mengungkapkan jika penggunaan teknologi informasi tersebut merupakan upaya untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan asli daerah, di samping untuk memberikan transparansi, efektifitas dalam pengelolaan pajak dan retribusi.

“Besar harapan kami kepada pelaku usaha untuk bekerjasama dengan menggunakan alat transaksi ini. Apa yang dilakukan ini juga untuk menjawab tuntutan masyarakat agar pengelolaan pemerintahan dilakukan secara transparan, efektif, dan efisien,” terang Andi Bau Amal saat membuka acara sosialisasi tersebut di Ruang Pola Kantor Bupati.

Komentar

Rekomendasi

BNPB: 12 Hektar Lahan Gambut dan Semak Belukar Terbakar di Riau

Breaking News : Relawan Daftarkan Danny Pomanto di Jalur Perseorangan

Posting Isu Hoax Penculikan Anak, 6 Warga Kupang Ditangkap Polisi

Masih Ingat Ingsih Tinampi? Kini Dia Meminta Maaf ke Publik

Haerul, Pencipta Pesawat Asal Pinrang Diundang Wagub Sulsel ke Rujab

Ritual Mistis Pengikut Keraton Agung Sejagat: Potong Puluhan Ayam, Darahnya Dikubur

Lima Tahun Jokowi, Ini Aneka Subsidi Energi yang Dicabut

Tak Terpengaruh Dampak Natuna, Rupiah-Yuan Tetap Perkasa

Antisipasi Air Pasang, Bupati Bulukumba Perintahkan Jajarannya Kerja Bakti

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar