Bapenda Buru PAD, Irwan Adnan: Tren Pendapatan Meningkat

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Irwan Adnan

Terkini.id, Makassar – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Irwan Adnan mengatakan tengah memburu Pendapatan Asli Daerah (PAD) lantaran beberapa bulan terakhir terjun bebas.

Kendati begitu, ia mengatakan, saat ini tren pendapatan pajak mengalami peningkatan. Meski, kata dia, realisasi Pendapatan Asli Daerah belum sampai 50 persen.

“Kalau kita bicara pajak sampai dengan hari ini sudah memperlihatkan tren yang bagus. Jadi, kuantitasnya sudah menunjukkan arah yang baik,” kata dia kepada Terkini, Jumat, 30 Agustus 2019.

Dia mengatakan pendapatan per hari tengah  mengarah ke-40 miliar. Dia menyebut progres tersebut bakal terus mengalami peningkatan pendapatan.

“Itu sudah luar biasa. Dan saya yakin ini akan terus bagus,” ungkapnya.

Ia mengatakan, beberapa waktu sebelumnya, realisasi pendapatan mengalami penurunan. Adnan mengatakan, saat ini, dirinya berfokus untuk mengejar target pendapatan sesuai dengan saat perencanaan.

“Kemarin saya minus hampir 30 miliar loh. Artinya kita ketinggalan. Saya itu mainnya fair play. Ngapain saya mau tutup-tutupi,” ungkapnya.

Kendati begitu, ia menyebut, dirinya optimis bisa mencapai target pendapatan. Ia memaparkan bahwa target realisasi pendapatan semakin mendekati standar yang telah ditetapkan.

“Saya hanya memburu ketertinggalan realisasi saya hanya kurang lebih 800 jutaan. Paling tinggi 1,5 miliar,” paparnya.

Dia mengatakan, salah satu penyebab penurunan pendapatan ialah efek mutasi lantaran harus menyesuaikan dengan struktur yang baru. Namun, kata dia, setelah terjadi pengembalian jabatan beberapa waktu lalu pendapatan kembali stabil.

“Jadi, kurang lebih sebulan pada saat mereka kembali peningkatan pendapatan semakin membaik. ini efek dari pengembalian teman-teman semua,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini