Bareng GASS, Gerakan Jurnalis Anti Corona Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Masjid

GASS
Bareng GASS, Gerakan Jurnalis Anti Corona Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Masjid

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akhirnya menaikkan status Makassar dari siaga menjadi tanggap darurat. Status ini dinaikkan setelah makin merebaknya pandemi Corona (Covid-19) di sejumlah wilayah Makassar.

Menurut Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb, dengan naiknya status tersebut beberapa kebijakan dan langkah lebih serius mulai dilakukan pemerintah.

Menyikapi hal itu, Gabungan Admin Sulsel (GASS) bersama Gerakan Jurnalis Anti Corona menggelar aksi sosial, yakni melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ibadah yang ada di Kota Makassar.

“Manfaat penyemprotan disinfektan adalah untuk membasmi segala macam virus di tempat ibadah, termasuk virus corona,” ujar Arfah Aksa selaku Ketua GASS, Kamis, 26 Maret 2020.

Selain itu kata Arfah, juga akan dilakukan pembagian hand sanitizer ke beberapa tempat ibadah juga dalam Lingkup Kota Makassar.

“Apa yang kami lakukan ini, supaya masyarakat dapat merasa aman dan nyaman, tidak khawatir lagi dengan virus corona, saat melaksanakan ibadah di tempat ibadah,” tambah Nur Rachmat, Koordinator Gerakan Jurnalis Anti Corona.

Aksi yang dinamakan “Gerakan Tempat Ibadah Bersih Corona” ini akan dilaksanakan secara bertahap.

“Karena keterbatasan tenaga dan materi, aksi sosial ini tentunya membutuhkan bantuan serta dukungan dari banyak pihak, agar dapat terlaksana sesuai dengan yang ditargetkan,” ujar Nur Rachmat.

Oleh sebab itu, Nur Rachmat bersama Arfah Aksa berharap ada dukungan donasi dari pihak-pihak yang peduli dengan aksi sosial, membersihkan tempat ibadah dari kemungkinan penyebaran virus corona.

Saat ini, penyemprotan disinfektan telah dilakukan di beberapa tempat ibadah yang ada di Kecamatan Tamalanrea dan Kecamatan Rappocini, di antaranya Masjid Nurul Aziz di Jalan Cilallang Jaya VII, Masjid Al Aqsha, Masjid Nurul Hijrah di Jalan tamalate 3 dan beberapa masjid lain.

“Besok akan kami lanjutkan di beberapa masjid dan gereja serta pura yang ada di Kota Makassar. Ini secara bertahap akan dilanjutkan di beberapa tempat ibadah yang ada di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Makassar,” ujar Arfah.

Gerakan Tempat Ibadah Bersih Corona mendapat support dari sponsor seperti Phinisi Hospitality, Harper Perintis Makassar, Air Mineral Rapid, HFX Internasional Berjangka, Forum Makassar Ta’.

Sebelumnya, beberapa awak media di Kota Makassar juga menggelar aksi peduli virus Corona (Covid-19) dengan nama Gerakan Jurnalis Peduli Covid-19.

Gerakan tersebut digagas oleh Redaktur Makassar Terkini (Terkini.id), Echa Panrita Lopi.

Belum cukup sehari membuka donasi, sebuah perusahaan menawarkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan berupa APD walaupun alatnya belum standar tetapi minimal bisa membantu tim medis maupun nonmedis dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan menangani pasien Covid-19.

Koordinator Gerakan Jurnalis Peduli Covid-19, Echa Panrita Lopi mengatakan keselamatan bekerja adalah hal yang wajib diprioritaskan bagi seluruh tim medis maupun nonmedis, apalagi dalam menangani Covid-19.

Komentar

Rekomendasi

Iqbal Agendakan Penyemprotan Massal di Seluruh Wilayah Makassar, Ini Jadwalnya

Pemkot Makassar Siapkan Fasilitas Tempat Tinggal Bagi Perawat Pasien Corona

42 Orang Positif Covid-19 di Makassar, Tim Gugus Tugas Imbau Masyarakat Tetap di Rumah

Bantu Tim Medis Covid-19, Alumni Teknik Unhas 2007 Produksi Swab Chamber

Pemkot Makassar Siapkan Lokasi Pemakaman Khusus Covid-19, ini Tempatnya

TERBARU: Toko Bahan Pokok Bisa Buka Hingga Malam, Ini Syaratnya

Iqbal: Hanya Toko Penyedia Bahan Pokok yang Tetap Beroperasi di Makassar

Peduli Kondisi Warga di Tengah Wabah Corona, Aktivis Milenial Sulsel Bagikan Sembako

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar