Bareng SLB Sulsel, GenBI Sulawesi Selatan Peringati Hari Disabilitas Internasional

Terkini.id, Makassar – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses menggelar kegiatan GenBI Setara. Kegiatan ini mengangkat tema “Indonesia Inklusi, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

GenBI Setara ini merupakan salah satu program kerja dari deputi pendidikan GenBI Sulsel yang berkolaborasi bersama SLB Provinsi Sulawesi Selatan dan digelar pada Jumat-Sabtu, 3-4 Desember 2021.

Kegiatan ini dikemas sebagai ajang pengembangan kreativitas anak berkebutuhan khusus/penyandang disabilitas pada bidang keterampilan dan seni.

Baca Juga: Bahas Soal Inklusi Keuangan, GenBI Sulsel Sukses Gelar Webinar ‘Genbiku’

Acara GenBI Setara dilaksanakan di UPT SLBN 1 Makassar Jalan Dg. Tata Kel. Bontoduri, Kota Makassar, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota GenBI Sulsel khususnya panitia pelaksana, dan juga Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Luar Biasa (SLB) Provinsi Sulawesi Selatan dan para siswa penyandang disabilitas. 

Baca Juga: Pererat Ikatan Antar Anggota, GenBI Unhas Sukses Gelar GenBI Days...

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan dalam mencapai hak-hak yang seharusnya didapatkan para penyandang disabilitas, dan memberikan ruang interaksi dan kepedulian terhadap teman-teman disabilitas bahwa kita semua memiliki kesetaraan yang sama sebagai makhluk sosial.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh  Naoemi Octarina, S.T selaku ketua PKK Darma Wanita Provinsi Sulsel mengatakan bahwa Kegiatan GenBI Setara merupakan kegiatan kolaborasi antara SLB Sulsel Dan Generasi Baru Indonesia.

Salah satu rangkaian acara yang akan dilaksanakan yaitu Festival Anak Berkebutuhan Khusus seSulawesi Selatan.

Baca Juga: Pererat Ikatan Antar Anggota, GenBI Unhas Sukses Gelar GenBI Days...

Kegiatan tersebut akan melibatkan para peserta didik penyandang disabilitas untuk unjuk karya di pameran hasil karya siswa SLB negeri dan swasta di Sulsel.

“Banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh anak disabilitas, dan saya berharap dengan adanya kegiatan ini anak anak disabilitas bisa mendorong semangatnya untuk berkegiatan, dan juga tidak selamanya orang yang berkebutuhan khusus tidak bisa melakukan apa apa, dan terakhir terima kasih untuk GenBI Pendidikan Sulsel yang sudah berperan aktif untuk menyukseskan kegiatan ini dan ingin berkolaborasi bersama SLB Provinsi Sulawesi Selatan,” harap Naoemi, Senin 6 Desember 2021.

Kemudian, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat yaitu pameran hasil karya siswa SLB negeri dan swasta se-Provinsi Sulawesi Selatan, mengaji berantai siswa Tunanetra se-Sulsel, Pagelaran Tari.

Sementara pada Sabtu, digelar kegiatan lomba-lomba antar siswa SLB se-Sulsel seperti Menyanyi (Tunanetra), Fashion Show (Tunarungu), Menari (Tunagrahita), Baca Puisi (Tunadaksa), Mewarnai gambar (Autis).

Citizen Reporter : Andi Annisa Hermansyah

Bagikan