Deputi Kewirausahaan GenBI Sulsel Sukses Gelar Kegiatan Distributor Development

Terkini.id, Makassar – Distributor Development merupakan salah satu program kerja dari Deputi Kewirausahaan GenBI Sulsel, dengan mengangkat tema “Pengembangan Komoditas Lokal Gula Semut Melalui Teknik Packaging yang Menarik”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 10-11 Desember 2021 di Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Peserta kegiatan ini dihadiri oleh 43 masyarakat yang terdiri dari 31 masyarakat lokal, 12 mahasiswa KKN Universitas Makassar, dan anggota GenBI Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Bahas Soal Inklusi Keuangan, GenBI Sulsel Sukses Gelar Webinar ‘Genbiku’

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Baso Patisangguru selaku Ketua GenBI Wilayah Sulawesi Selatan mengatakan bahwa Distributor Development ini adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Deputi Kewirausahaan GenBI Wilayah Sulawesi Selatan.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, kata Baso, yaitu untuk menyampaikan informasi agar dapat berpartisipasi dalam perubahan serta memberikan pemahaman terhadap manajemen distribusi hasil pangan di kalangan petani yang ada di daerah agar dapat lebih terarah serta tercapainya target pasar yang memadai.

Baca Juga: Pererat Ikatan Antar Anggota, GenBI Unhas Sukses Gelar GenBI Days...

“GenBI melakukan kegiatan penyuluhan ini sebagai agent of change yang mempunyai tugas yaitu menyampaikan informasi sekaligus berupaya untuk mengubah perilaku pengepul sasaran untuk dapat berpartisipasi dalam perubahan,” ujar Baso, Sabtu 11 Desember 2021.

Kegiatan ini melakukan pelatihan kepada masyarakat dan memberikan teknik packaging yang menarik untuk mengembangkan Komoditas Lokal Gula Semut (Gula Cair Aren) di Desa Mirring, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat dan membangun rantai pasokan (Supply Chaiin) ke Makassar, Sulawesi Selatan. 

“Dikarenakan selama ini gula aren yang ada di Polman, hanya dijual ke masyarakat lokal dan tidak pernah didistribusikan ke kota-kota besar,” tutur Baso.

Baca Juga: Pererat Ikatan Antar Anggota, GenBI Unhas Sukses Gelar GenBI Days...

Hamzah, S.Pd.I selaku Kepala Dusun Desa Mirring menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan GenBI Sulsel, khususnya Deputi Kewirausahaan dan berharap kelompok tani bisa memiliki label sendiri.

Citizen Reporter : Miftahul Jannah

Bagikan