Belajar Pengembangan Startup, PLUT Sulsel Kunjungi JTC LaunchPad Singapura

PLUT Sulsel
Belajar Pengembangan Startup, PLUT Sulsel Kunjungi JTC LaunchPad Singapura

Terkini.id, Makassar – Singapura dikenal sebagai kota ramah bisnis di dunia termasuk bagi usaha rintisan atau startup. Berkaitan hal tersebut, konsultan PLUT Sulsel dalam kunjungannya di Singapura menyempatkan untuk studi banding pengembangan startup atau usaha rintisan.

Konsultan PLUT Sulsel, terdiri Koordinator Konsultan Bahrul Ulum, Konsultan IT, Ahyar Muawwal dan Lonsultan Kelembagaan, Putra Handayani.

Ketiganya mengunjungi JTC LaunchPad, Rabu 13 Maret 2019, yang merupakan komplek perkantoran untuk perusahaan startup.

JTC LaunchPad boleh disebut sebagai Silicon Valley-nya Singapura yang dibangun oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura dengan pengelolaan melalui JTC.

Dengan luas 56 ribu meter persegi di kawasan ini ada 500 startup dengan memanfaatkan gedung yang dinamakan sebagai “Block” dilengkapi lapangan untuk olahraga, gedung pertemuan dan pusat kuliner.

PLUT Sulsel mengunjungi Block71

Pada kesempatan ini rombongan PLUT Sulsel mengunjungi Block71 sebagai kolaborasi NUS Enterprise, SingTel Innov8 dan Media Development Authority of Singapore yang menyediakan hub bagi startup.

Rombongan diterima oleh Alfina FU selaku Manajer Komunitas Block71. Menurutnya, coworking block71 terbentuk dari National University of Singapore (NUS) dengan pendanaan penuh dari kampus, sponsor maupun startup private. Pesertanya ada dari mahasiswa NUS  dan umum.

“Saat ini startup  kami fokus pada topik pengembangan artificial Intellegence, machine learning dan block chain,” kata Alfina.

Di block71 ini, lanjutnya, terdapat fasilitas dari coworking berupa ruangan seminar, ruangan meeting, kantor, arcade game, kantin, dan lainnya.

Block71 menyatukan klaster startup teknologi yang tersebar di Singapura dalam satu lokasi umum untuk meningkatkan sinergi dan skala ekonomi,” ujar Alfina.

“Block71 sebagai coworking space memberi dukungan menyeluruh dan program holistik bagi pengusaha pemula untuk memulai dan mengembangkan ide,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini