Benarkah China Membuat Senjata Biologis?

KALAU ada yang menuduh China membuat senjata biologi itu jelas tidak masuk akal. Mengapa? Ada tiga alasan.
Pertama, China tidak sedang berperang dengan negara manapun. Kedua, China adalah negara pemberi pinjaman terbesar di dunia.

Bukan hanya kepada negara berkembang tetapi juga negara maju seperti AS dan Eropa.

Ketiga, kalau China gunakan senjata biologi , yang rugi dia sendiri. Contoh dengan adanya wabah Coronavirus ini bursa negara di ASIA, Eropa dan AS jatuh.
Tentu akan semakin kecil potensi mereka mengembalikan pinjaman ke China. Dan tentu akan semakin mengurangi daya beli mereka atas produk China.

Jadi dengan tiga alasan itu sudah cukup untuk paham bahwa tuduhan itu hanya untuk orang yang doyan onani politik dan frustrasi kalah bersaing. Sekarang kita bahas benarkah ada lab biologi di China?

Tahun 2015 China membangun The Wuhan National Bio-Safety Laboratory atau Laboratorium Keamanan Hayati Nasional Wuhan, bertempat di Institut Virologi Wuhan.

Menarik untuk Anda:

Proyek ini selesai tahun 2017. Lab ini dirancang dengan tingkat keamanan yang tertinggi dengan kriteria BSL-4. Kriteria keamanan ini sangat ketat SOP nya; menyaring udara dan mengolah air dan limbah sebelum para peneliti meninggalkan laboratorium, dan memastikan bahwa peneliti berganti pakaian dan mandi sebelum dan sesudah menggunakan fasilitas laboratorium.

Para peneliti dilengkapi dengan jas hazmat (hazardous material) kedap udara atau ruang kerja ‘kabinet’ khusus yang dapat membatasi virus. Lab ini menjadi standar rujukan bagi WHO.

Yang punya Lab semacam ini bukan hanya China, negara maju lain juga punya. Misal Jepang, Iran, Jerman, AS.

Bahkan China termasuk negara yang baru membangun Lab semacam ini. Sementara Jepang sudah membangun Lab ini sejak tahun 1981 dengan standar keamanan rendah.

Jadi Lab semacam ini bukan Lab untuk menciptakan senjata biologi. Ini murni pusat riset ilmu pengetahuan yang meneliti tentang virus-virus paling berbahaya di dunia, termasuk di antaranya virus Ebola dan SARS.

Untuk apa virus itu dijadikan objek penelitian? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut baiknya kita pahami dulu apa itu virus.

Virus itu adalah makhluk hidup sama dengan kita. Virus mengandung DNA. Baik DNA tunggal atau beruntai seperti rantai ganda.

Bahkan beberapa memiliki RNA dari keduanya. Beberapa virus memiliki informasi genetik yang terorganisir, dari bentuk lurus dan yang lain membentuk melingkar.

Yang unik dari Virus adalah dia tidak punya sel. Sehingga dia tidak bisa menggandakan dirinya. Terus bagaimana dia bisa berbiak? dia membutuhkan sel makhluk lain. Untuk apa? untuk memproduksi energi, reproduksi dan kelangsungan hidup dan berkembang. Jadi Virus itu semacam parasit.

Bagaimana Virus tahu sel yang cocok untuk dia bisa menggandakan dirinya? Virus mengandung genetik yang tidak hanya bisa menentukan jenis sel yang layak mereka tumpangi (inang sel), tetapi bagaimana mereka melakukan replikasi ke tubuh inang sel. Jadi memang cerdas secara genetik. itulah kehebatan Tuhan menciptakan makhluk.

Penuh kasih sayang agar makhluk bisa survival. Nah, kalau dia bersemayam di dalam tubuh kita, dia akan membungkus dirinya dengan protein atau kapsid atau membran. Dia bisa bertahan puluhan tahun di tubuh kita.

Apakah berbahaya bagi kita ? tentu. Tapi Tuhan bekali tubuh kita dengan imune atau kekebalan terhadap virus. Dan Virus tidak akan keluar dari membrannya selagi imune kita kuat.

Namun ketika imun kita berkurang, tubuh kita lemah, dia akan bangkit meluaskan koloninya. Saat itulah kita terserang penyakit.

Ada juga semacan Virus HIV dia bisa menyamarkan dirinya dari sistem kekebalan tubuh kita. Terus berkembang biak tanpa terdeteksi oleh sistem imune kita. Bisa berdampak sistemik. Ya hukum alam, hukum ekositem. Yang lemah selalu terancam.

Itulah sebabnya manusia yang berakal mencari tahu kehebatan Virus. Apa itu? virus memiliki kemampuan untuk masuk ke gen dalam kromosom manusia.

Nah, kalau manusia bisa mengkloning virus untuk tujuan terapi gen misal pengobatan kanker atau penyakit yang belum ada obatnya, dengan cara memasukan virus kloning kedalam sel yang terkena kanker atau penyakit.

Ini akan jadi prajurit gagah berani dan efektif memangsa sel yang merusak kita, yang pasti akan sangat mengurangi ongkos biaya pengobatan, tentu membuat industri pharmasi gigit bakiak.

Itulah tujuan The Wuhan National Bio-Safety Laboratory itu didirikan. Virus juga makhluk yang diciptakan Tuhan, yang punya hak hidup sama dengan kita.

Tentu ada sebab mengapa Tuhan ciptakan.
Karena Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu tanpa ada tujuan. Tentu tujuannya untuk kebaikan kita.

Penyakit dan wabah akan selalu ada , dan karena itu peradaban akan semakin maju karenanya. Kecuali kalau penyakit dikutuki dan Tuhan dianggap tukang azab.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Untung Rugi di Tengah Ketidakpastian Pilkada Ditunda

Serangan Nine Eleven yang Menggoncang Dunia – 6

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar