Masuk

Berdasarkan Survei Indonesia Masuk Tiga Besar Negara Gila Bola di Asia

Komentar

Terkini.Id, Jakarta – Indonesia masuk tiga besar negara di Asia yang masyarakatnya paling gila atau menggemari sepak bola berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nielsen.

Nielsen merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi global serta media dan berfokus pada suatu penelitian dan melakukan suatu riset mendalam terkait industri.

Dalam survei yang dilakukan Nielsen pada periode 2019-2021 dan Januari-April 2022 minat publik Indonesia akan tontonan sepak bola menempati tempat ketiga di Asia.

Baca Juga: Mengapa Malaysia Tidak Mengundang Timnas Indonesia Tampil di Piala Merdeka 2023? Ini Alasannya

Sebuah survei membuktikan Indonesia termasuk dalam tiga besar negara gila bola di Asia. Indonesia jauh mengungguli sejumlah negara lain di ASEAN.

Kita tahu bersama fanatisme publik Tanah Air dalam dunia sepak bola. Stadion selalu dipadati penonton setiap Timnas Indonesia berlaga. Bahkan, para suporter tetap antusias menyaksikan laga timnas kelompok umur.

Indonesia hanya kalah dari Vietnam dan Uni Emirat Arab (UEA). Ukurannya, 75 persen dari total populasi masyarakat Vietnam menggilai sepak bola, sedangkan UEA sebesar 75 persen, dan Indonesia 69 persen, dilansir CNN Indonesia, Senin 31 Oktober 2022.

Baca Juga: Jelang Laga Lawan Indonesia di Babak Semifinal Piala AFF 2022, Vietnam Minta Perlindungan FIFA, AFF, Serta Kedutaan Besar

Negara ASEAN lainnya yang masuk 12 besar penggila bola adalah Thailand di posisi kelima (58 persen), Malaysia (53 persen), Singapura (43 persen), dan disusul Filipina (35 persen). 

Data ini memperlihatkan bahwa Asia menjadi pasar paling potensial dalam hal olahraga sepak bola.

Tingkat minat lima besar Asia ini bahkan mengalahkan Brasil (65 persen), Spanyol (57 persen), dan Inggris (52 persen).

Dari survei yang sama, didapati bahwa Piala Dunia menjadi tontonan paling diminati oleh masyarakat dunia, yakni 34 persen populasi dunia. Kemudian Liga Champions Eropa (21 persen), dan Piala Eropa (20 persen).

Baca Juga: Provinsi Sulsel Juara 1 PLUT Terhebat di Indonesia

Diketahui pula bahwa tak semua fans atau penggemar sepak bola ikut aktif di media sosial saat sedang menyaksikan pertandingan. Indonesia bahkan tidak masuk daftar 13 besar dunia.

Penonton sepak bola yang ikut memantau media sosial dikuasai oleh Negara China dengan persentase 90 persen. Berikutnya ada Negara Brasil (88 persen), India (82 persen), dan Negara Amerika Serikat (82 persen).