Beredar Foto Pentolan FPI Habib Rizieq Pakai Sorban Berlogo Palu Arit, Ini Faktanya

Postingan Jaffar Siddik terkait foto pentolan FPI Habib Rizieq pakai sorban berlogo Palu Arit. (Foto: Turnbackhoax.id)

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah foto yang memperlihatkan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengenakan sorban dengan logo komunis yakni Palu Arit, dan mulutnya terdapat sendal jepit berwarna hitam.

Foto tersebut dibagikan seorang pengguna Facebook dengan nama akun Jaffar Siddik pada Kamis 24 September 2020.

“Kabur karna kasus mesum. Memalukan,” tulis Jaffar Siddik di narasi unggahannya dengan melampirkan foto Habib Rizieq tersebut.

Adapun narasi yang tertulis dalam foto itu menyebutkan bahwa Habib Rizieq bos PKI.

Melansir situs Turnbackhoax.id, Jumat 25 September 2020, berdasarkan penelusuran fakta dari Natalia Kristian, Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia, ditemukan bahwa foto tersebut merupakan hasil editan/suntingan.

Menarik untuk Anda:

Setelah dilakukan penelusuran terkait foto itu, maka mengarah ke sebuah artikel dari merdekacom berjudul “DPRD Purwakarta kedatangan Habib Rizieq Shihab picu konflik” yang tayang pada 6 Februari 2017.

Artikel tersebut melampirkan foto Habib Rizieq Shihab menggunakan serban, namun tanpa logo Palu Arit dan tidak ada sandal jepit di mulutnya.

Artikel pemberitaan Merdeka.com terkait Habib Rizieq. (Foto: Turnbackhoax.id)

Foto serupa juga dilampirkan dalam artikel pemberitaan berjudul “Besok diperiksa, Rizieq diingatkan untuk tidak bawa massa” yang dipublikasikan pada 17 Desember 2015.

Dalam foto itu, Habib Rizieq Shihab juga menggunakan serban, namun tanpa logo Palu Arit dan juga tidak ada sandal jepit di mulutnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dipastikan foto Habib Rizieq Shihab dengan sorban berlogo palu arit dan mulutnya terdapat sendal jepit berwarna hitam adalah tidak benar atau hoaks.

Postingan foto tersebut masuk dalam kategori hoaks yakni Manipulated Content atau konten yang dimanipulasi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update Kasus Positif Covid-19 per 31 Oktober, Capai 410.088 Orang

Jadi Tersangka, Ini Pengendara Moge Pelaku Pengeroyok Dua Prajurit TNI

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar