Beredar Kabar Tenaga Honorer Bakal Diangkat Jadi PNS Tanpa Tes, Ini Faktanya

PNS
Informasi pengangkatan tenaga honorer jadi PNS tanpa tes. (Foto: Facebook Machroji M Ahmad)

Terkini.id, Jakarta – Kabar yang menyebutkan bahwa tenaga honorer guru dan administrasi akan diangkat tanpa melewati prosedur tes baru-baru ini beredar di media sosial Facebook.

Menurut kabar yang beredar, informasi itu berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Salah satu akun Facebook yang mengunggah informasi itu yakni Muchroji M Ahmad. Dalam unggahannya, akun Facebook ini memperlihatkan screen shoot sebuah surat dengan mengatasnamakan Kemen PAN RB.

Dalam narasi unggahannya, Muchroji M Ahmad menyebutkan bahwa pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS tanpa melalui tes itu dilakukan untuk memenuhi kekosongan kuota.

“Untuk tenaga honorer Guru Dan tenaga administrasi. Sekarang sudah ada kebijakan yang diberikan pemerintah. Menindak lanjuti Rekomend Dari Mempan RB ke BKN PUSAT. Bagi honorer umur 35 tahun keatas.untuk diangkat menjadi PNS.Tanpa TES. berdasarkan kouta kekosongan di daerahnya Masing-Masing.Dan memenuhi Persyrtan yang telah ditentukan. Lebih Jelasnya. Silahkan konpirmasi lansung Dengan Drs MUH.IQBAL.BAGIAN PENGADAAN DAN KEPANGKATAN PNS BKN Pusat. NO WA:0819-5338-8478,” tulis akun Muchroji M Ahmad di caption unggahannya.

Tangkapan layar unggahan Facebook Muchroji M Ahmad. (Foto: Turnbackhoax.id)

Namun, berdasarkan penelusuran fakta dari Turnbackhoax.id, seperti dilansir dari Suara.com, Rabu, 29 Januari 2020, kabar tersebut merupakan informasi palsu alias hoaks.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar.

Pihaknya pun membantah telah mengeluarkan surat pengangkatan honorer menjadi PNS tanpa melalui prosedur tes.

“Pengumuman tersebut bukan dari Kementerian PANRB dan dipastikan palsu. Pengangkatan CPNS harus melalui tahapan seleksi CPNS,” kata Andi Rahadian, dilansir dari Suara.com, Rabu, 29 Januari 2020.

Klarifikasi Kemen PAN RB soal informasi tenaga honorer diangkat jadi PNS tanpa tes. (Foto: Kemen PAN RB)

Andi Rahadian juga meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menerima informasi menyesatkan yang beredar di media sosial, khususnya yang terkait dengan pengangkatan tenaga honorer maupun PNS.

Berdasarkan pernyataan resmi dari Kemen PAN RB tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kabar yang disampaikan oleh akun Muchroji M Ahmad merupakan informasi palsu alias hoaks.

Komentar

Rekomendasi

Imbas Corona, Menteri Sofyan Rapat Lewat Video Conference dengan Kakanwil ATR/BPN Sulsel

Hotman Paris Ajak Anggota DPR Sumbang Gaji untuk Beli Beras Demi Tolong Masyarakat

Lagi, Beredar Video Warga di Jakarta Jatuh Pingsan dan Tak Sadarkan Diri

Zulkiflie Marauni, ASN Pejuang yang Rajin Salat Berjemaah di Masjid

Pengakuan Pasien Corona, Awalnya Anggap Remeh Hingga Akhirnya Jatuh Pingsan dan Positif

Berikut Nama 20 Dokter yang Gugur Akibat Corona

Balai Kota Makassar Ditutup, Iman Hud: Kita Terapkan Protokol Penanganan Covid-19

Dokter Marhaen: Ketidakjujuran Pasien Berdampak Tingginya Angka Kematian Medis

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar