Beredar Kabar Virus Corona Telah Masuk di Makassar, Ini Faktanya

Terkini.id, Makassar – Seorang pengguna media sosial dengan nama akun inisial Hs baru-baru ini menyebarkan informasi terkait virus corona lewat postingan unggahannya.

Dalam unggahannya, akun Hs menyebut bahwa virus mematikan dari China itu telah masuk ke Indonesia, tepatnya di Kota Makassar.

Akun Hs mengatakan bahwa virus tersebut telah menjangkiti seorang pasien yang tengah dirawat di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Pasien itu disebutnya baru pulang dari kota Wuhan, China.

“Sekedar info saja untuk kewaspadaan bersama. Di IC RSWS (Makassar) sementara dirawat 1 pasien suspect corona virus. Rujukan dari Awal Bros. Pasien baru pulang dari Wuhan. Diharapkan memakai masker dan menggunakan tisu basah/mencuci tangan selalu,” tulis akun Hs di narasi unggahannya, Selasa, 28 Januari 2020.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta dari Turnbackhoax.id pada Selasa 28 Januari 2020, kabar yang diunggah oleh akun Hs adalah informasi bohong alias hoaks.

Dilansir dari pemberitaan Vivanews, menurut hasil pemeriksaan tim medis di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, pasien yang dimaksud bukan mengidap virus corona, melainkan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPAA).

Pemberitaan Vivanews terkait virus corona di Makassar. (Foto: Turnbackhoax)

Selain pemberitaan di media, kebenaran terkait kabar tersebut juga diungkap oleh akun Twitter @agakarebaa.

Dengan melampirkan tangkapan layar unggahan Hs, akun @agakarebba menegaskan bahwa kabar adanya pasien suspect virus corona di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar adalah informasi bohong.

“Hati-hati. Informasi ini bohong. Pihak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar menyatakan tidak ada pasien terduga kena virus corona. Akun Hs ini menyebar kebohongan,” tulis @agakarebba di narasi unggahannya.

Dari fakta-fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kabar yang diunggah oleh akun Hs soal adanya pasien di Makassar yang terjangkit virus corona adalah kabar menyesatkan dan tidak benar alias hoaks.

Komentar

Rekomendasi

BPBD Gowa Rilis Elevasi Bendungan, Begini Kondisinya

Korban Tewas Akibat Susur Sungai Sempor Bertambah, Berikut Daftarnya

Ratusan Pelajar Susur Sungai, 4 Orang Dikabarkan Meninggal Terbawa Arus

Merasa Dipalak, Penumpang Ojek Ini Tak Terima Saat Diminta Bayar Rp750 Ribu

RSUD Bulukumba Bantah Ada Pasien Terjangkit Virus Corona, Ternyata Hanya Radang Tenggorokan

Gelar Expoversary di PIPO, BCA Jual KPR hingga Kredit Mobil Berbunga Murah

Ngaku Lulusan S3 Vatikan, Kebohongan Ustadz Mualaf Ini Terbongkar

Beredar Video Masker Diinjak-injak Karyawan Saat Sedang Disortir, Netizen Pertanyakan Kebersihannya

Gempa Guncang Maluku, BMKG Minta Warga Hindari Bangunan Retak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar