Makassar Terkini
Masuk

Berhasil Kabur, Pengungsi Afganistan Bersorak Senang di Pesawat, Netizen: Gembiranya Umat Keluar dari Neraka Jahanam

Terkini.id, Internasional – Baru-baru ini, beredar sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah pengungsi dari Afganistan yang bersorak senang di dalam pesawat karena telah berhasil kabur dari Taliban.

Dipimpin oleh nyanyian oleh satu penumpang, sekitar 90 pengungsi Afganistan mengangkat kepalan tangan mereka untuk merayakan awal perjalanan ke New Delhi.

Sementara itu, penumpang India dengan dua rekan senegaranya Nepal, terlihat menanggapi teriakan dari pria itu dalam sebuah video yang dibagikan secara online.

Juru bicara resmi Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi, mengunggah video tersebut dengan keterangan seperti berikut:

“Pengungsi yang gembira dalam perjalanan pulang mereka,” tulisnya, dikutip terkini.id dari Riau24 pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Ia mengatakan bahwa Angkatan Udara India sebelumnya telah mengangkut kelompok itu dari Kabul ke Tajikistan, di mana 87 orang India diterbangkan pulang.

Ratusan orang India lainnya juga telah berhasil keluar dari Kabul di tengah upaya putus asa untuk meninggalkan negara itu sebelum pasukan NATO pergi.

Namun, yang lain nasibnya kurang beruntung karena ribuan orang diketahui masih mengantre dalam upaya untuk masuk ke bandara yang dijaga oleh Taliban.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan pada Selasa pagi bahwa lebih dari 7.000 orang kini telah dievakuasi oleh Angkatan Darat Inggris.

Hanya saja, waktu hampir habis untuk pengangkutan udara, dengan Amerika diperkirakan akan menarik pasukan mereka yang tersisa dalam waktu kurang dari seminggu (dan Taliban menolak kemungkinan perpanjangan).

Bagaimanapun, ada sejumlah cerita horor dari antrean ke bandara, yaitu seorang mahasiswa Inggris mengatakan bahwa pejuang Taliban mengatakan kepadanya bahwa ia akan ditembak jika tidak ada tekanan dari masyarakat internasional.

Mahasiswa tersebut juga menceritakan tentang orang-orang yang dicambuk di antrean.

Nah, menanggapi kabar tersebut, banyak netizen yang kemudian berkomentar mengeluarkan opini mereka.

“gembiranya umat keluar dari neraka jahanam,” tanggap akun Bouzetch.

“Bersyukur selamat dari cengkeraman kaum Taliban yang kejam,” imbuh akun Edwina Frida.

“yg penting bisa selamat dari mangsa serigala berwujud manusia,” timpal akun Yani Jasmine.