BKN Temukan Kecurangan, 14 Peserta CPNS Kemenkumham Didiskualifikasi

Terkini.id, JakartaKementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengeluarkan surat terkait penundaan jadwal pengumuman hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi para peserta CPNS. Hal tersebut lantaran adanya temuan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terdapat 14 peserta yang melakukan kecurangan.

Berdasarkan temuan tersebut, pihak Kemenkumhan telah melakukan penyidikan. Sementara peserta yang melakukan kecurangan langsung didiskualifikasi.

“Sedianya hasil Tes SKD dikeluarkan akhir pekan lalu. Pengumuman akan segera kami keluarkan setelah BKN melakukan revisi,” kata Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman, mengutip Tempo.co, Kamis 17 November 2021.

Baca Juga: Siap-siap, Pada 2023 Mendatang Tenaga Honorer Akan Jadi Pengangguran

Sebelumnya, pengumuman mestinya dilakukan pada tanggal 13-14 November 2021. Hanya saja, karena BKN mencium indikasi tindakan kecurangan yg dilakukan oleh beberapa peserta seleksi, maka BKN melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Setelah melakukan penyidikan, hasilnya kata Tubagus berdasarkan pemeriksaan dan forensik terhadap komputer yang digunakan oleh para peserta, BKN menemukan bukti ada 14 peserta seleksi CPNS Kemenkumham yang melakukan kecurangan.

Baca Juga: Anak Nia Daniaty Jadi Tersangka Penipuan Perekrutan CPNS

Sesuai bukti tersebut, BKN kemudian menarik kembali dan merevisi pengumuman yang sedianya akan diumumkan tersebut. Adapun ke -14 orang yang terbukti melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

Dengan kasus ini, Kemenkumham sangat mendukung tindakan dan kebijakan yang diambil BKN. Sebab Kemenkumham telah berkomitmen untuk menyelenggarakan proses seleksi dan rekrutmen secara fair dan terbuka.

“Kami ingin agar CPNS yang lolos seleksi akhir adalah benar-benar kader yang berkualitas, jujur dan Berakhlak,” tegas Tubagus.

Bagikan